Stop Membedakan Si Kaya dan Si Miskin

Stop Membedakan Si Kaya dan Si Miskin

516
0
BERBAGI
Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, H. Rahmat Sutrisno simbolis menyerahkan bantuan rutilahu kepada masyarakat.

CIREBON (R) – Kesetiakawanan Sosial Menembus Batas adalah tema peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, Selasa (17/12/2019).

Melalui kegiatan tersebut, pemerintah mengajak masyarakat Kabupaten Cirebon untuk tidak membeda – bedakan status sosial antara si kaya dan si miskin. Dimana perbedaan status tersebut, terkadang dapat menimbulkan ketidakharmonisan dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Ketua DPRD, Kepala SKPD, serta unsur muspika dan desa di pemerintahan Kabupaten Cirebon. Juga di isi dengan bhakti sosial donor darah, cek kesehatan gratis dan juga samsat keliling, serta pembukaan stand aneka produk dan kerajinan dari karang taruna desa Lurah, BPJS dan beberapa dinas di Kabupaten Cirebon.

Bupati Cirebon H. Imron Rosyadi, dalam sambutannya melalui Sekretaris Daerah H. Rahmat Sutrisno mengatakan, kesetiakawanan sosial adalah sikap dan perilaku masyarakat yang dilandasi pengertian, kesadaran, tanggung jawab, kesetaraan dan partisipasi sosial untuk menanggulangi berbagai masalah sosial, sesuai kemampuan masing – masing, demi terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa, dengan semangat kebersamaan, kegotong royongan dan kerelaan berkorban tanpa pamrih.

“Peringatan Hari Kesetikawanan Sosial Nasional (HKSN) merupakan momentum untuk menumbuhkembangkan dan melestarikan nilai – nilai kesetiakawanan sosial, untuk didayagunakan. Sehingga menjadi bagian dari sikap dan perilaku kehidupan sehari – hari dalam bermasyarakat dan bernegara,” ucapnya.

Dikatakannya, pembangunan kesejahteraan sosial yang dilaksanakan instansi pemerintah, organisasi non pemerintah dan dunia usaha, perlu diketahui oleh masyarakat luas. Sehingga dapat menginspirasi masyarakat untuk berbuat baik kepada sesama yang membutuhkan.

“Oleh sebab itu, diperlukan sarana untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pembangunan kesejahteraan sosial tersebut. Pemerintah harus mampu mendorong pemberdayaan sosial agar terciptanya keseimbangan dan kemandirian secara ekonomi,” jelasnya.

Menurutnya, melalui stand pameran Kesejahteraan Sosial, merupakan salah satu sarana untuk menyampaikan informasi tentang berbagai permasalahan sosial dan upaya penanggulangan yang dilaksanakan baik oleh pemerintah, organisasi non pemerintah dan dunia usaha.

“Sasaran atau pengunjung pameran, diharapkan dari kalangan masyarakat luas, yang mampu dan mempunyai potensi untuk membantu memecahkan permasalahan sosial. Dari peringatan HKSN ini diharapkan, dapat menumbuhkan semangat dan kesadaran jiwa kesetiakawanan sosial masyarakat, untuk membantu sesamanya. Sehingga pembangunan di Kabupaten Cirebon bisa lebih baik,” tutupnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon Iis Krisnandar mengatakan, kegiatan peringatan tersebut merupakan upaya keikutsertaan dalam pemberdayaan dan penanggulangan permasalahan sosial di Kabupaten Cirebon.

“Penanggulangan sosial merupakan program sinergitas baik pemerintah pusat, daerah maupun pihak swasta. Dengan tema menembus batas ini, kami ingin menghilangkan sekat sosial masyarakat, terutama antara kemiskinan dan kekayaan. Karena dalam kehidupan di negara ini, semua orang memiliki kesempatan dan pelakuan yang sama,” ungkapnya.

Dengan peringatan HKSN tersebut, ia berharap, pemerintah dapat menanggulani dan mengentaskan permasalahan sosial, terutama di daerah – daerah secara bersama – sama tanpa melihat status dan golongan.

Sementara itu Camat Plumbon, Muhammad Ferry Afrudin menambahkan, dirinya atas nama pemerintah dan masyarakat Kecamatan Plumbon berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten, yang telah mengadakan peringatan HKSN tingkat Kabupaten Cirebon bertempat di desa Lurah Kecamatan Plumbon.

“Melalui kegiatan ini, kami sangat berharap dapat menumbuhkembangkan serta meningkatkan rasa kesetiakawanan dan solidaritas sosial, di berbagai komponen masyarakat kami. Ini juga merupakan salah satu upaya penanggulangan berbagai permasalahan sosial, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Cirebon dan khususnya masyarakat di Kecamatan Plumbon,” pungkasnya. (ta)

LEAVE A REPLY

9 + 8 =