Siswanto Jabat Ketua DPD GMPK Kab. Cirebon, Masyarakat Harus Kenal Korupsi

Siswanto Jabat Ketua DPD GMPK Kab. Cirebon, Masyarakat Harus Kenal Korupsi

967
0
BERBAGI

Cirebon (R) – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK), melantik Siswanto Hartoyo sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) GMPK Kabupaten Cirebon, yang dilantik langsung oleh Ketua Umum DPP GMPK Bibit Samad Rianto, Kamis (18/1/2018).

Pelantikan tersebut berbarengan dengan kegiatan seminar dan pelatihan yang dilaksanakan oleh DPP GMPK dengan tema Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Dalam Pembangunan Desa.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPP GMPK Bibit Samad Rianto, yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua KPK RI dan Ketua Satgas Dana Desa RI.

Usai acara pelantikan, Ketum DPP GMPK Bibit Samad Rianto mengatakan, dengan dilantiknya pengurus DPD Kabupaten Cirebon di bawah kepemimpinan Siswanto Hartoyo, diharapkan dapat membawa perubahan di Kabupaten Cirebon, terutama dalam hal pencegahan korupsi.

“Ada empat unsur orang bisa melakukan korupsi, yang pertama karena niat, kedua peluang, ketiga kemampuan berbuat dan ke empat sasaran. Empat unsur itu yang membuat orang melakukan korupsi. Dan itu semua bisa dicegah,” ujarnya.

Ditambahkan Bibit, korupsi itu hampir sama dengan narkoba, ketika menjangkiti seseorang, dia akan lupa soal dampaknya. Yang dipikirkan hanya sebatas kenikmatan sesaat. Padahal dibalik kenikmatannya itu, berdampak pada hak orang lain yang mereka ambil.

“Contoh sederhananya begini. Misalnya salah satu desa menganggarkan pembangunan jalan, tapi pembangunannya tidak dilaksanakan. Uangnya di korupsi kepala desanya. Yang rugi siapa,? masyarakat kan, yang pakai jalan kan masyarakat,” imbuh mantan Wakil Ketua KPK ini.

Dengan adanya GMPK khususnya di Kabupaten Cirebon, Bibit mengharapkan dapat membantu dan mengajak masyarakat, untuk tidak diam melawan korupsi yang mungkin terjadi di lingkungan sekitar masyarakat.

“Masyarakat harus diajak berbicara dan diberi pengetahuan tentang korupsi, agar masyarakat bisa mencegah dan menangkal korupsi di lingkungan yang ada disekitar tempat tinggalnya. Karena semua fasilitas umum itu milik masyarakat, yang dibangun negara pakai uang rakyat,” paparnya.

Sementara itu, Ketua DPD GMPK Kabupaten Cirebon, Siswanto Hartoyo merasa bersyukur telah dipercaya oleh Ketum DPP GMPK, untuk mengemban tugas mulia tersebut.

Dirinya sangat bangga, karena Ketua Umum DPP GMPK Bibit Samad Rianto adalah sosok panutan, yang selama 30 tahun berkecimpung di dunia hukum. Bahkan ia juga pernah menduduki posisi jabatan penting dalam pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia ini.

“Suatu kebanggan dan kehormatan bagi saya pribadi dapat mengenal Pak Bibit. Orang sudah tau kinerjanya. Dia adalah panutan. Saya akan jaga amanah ini untuk pembangunan di Kabupaten Cirebon,” ucap Siswanto.

Siswanto menambahkan, dalam waktu dekat dirinya akan menyusun program untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, sesuai dengan yang diarahkan oleh Ketua Umum GMPK yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua KPK RI ini.

“Sesuai dengan amanat Pak Ketum, kita akan memperkenalkan korupsi kepada masyarakat. bersosialisasi dengan masyarakat. Kita meyakini, jika lingkungannya baik, masyarakatnya sadar hukum, lahan korupsi itu akan hilang. Mencegah itu membuat yang tidak dihendaki supaya tidak terjadi,” jelasnya.

Dirinya juga mencontohkan, jika seseorang memakan cabai, pasti yang terjadi akan merasa kepedasan. Tapi jika tidak ingin merasa kepedasan, cara mencegahnya jangan memakan cabai.

“Semuanya itu ada sebab dan akibat. Pak ketum bilang, untuk hapus korupsi, 4 unsur yang menjadi potensi korupsi harus dihilangkan. Serta memberikan pendidikan, tentang bahaya korupsi sejak kecil, kepada generasi penerus bangsa,” pungkasnya. (Isno)

LEAVE A REPLY

one + 13 =