Sebatangkara Di Surabaya, 2 Warga Kab. Cirebon Di Pulangkan

Sebatangkara Di Surabaya, 2 Warga Kab. Cirebon Di Pulangkan

481
0
BERBAGI

Cirebon (R) – Dua warga asal Kabupaten Cirebon, yakni Tarlim (65) asal desa Wiyong dan Rukayah (40) asal desa Weru ditemukan terlantar di Surabaya.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Cirebon, H. Amin mengatakan, dua warga asal Kabupaten tersebut sudah berhasil dipulangkan dan dikembalikan ke keluarganya masing – masing.

“Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya Cisarua Bandung, yang berada di bawah naungan Dinas Sosial Propinsi Jawa Barat, menginformasikan ada dua warga Kabupaten Cirebon yang ditampung di tempat tersebut. Kami diminta untuk mencari keluarganya,” kata Amin.

Ditambahkan Amin, keduanya dipulangkan dari Dinas Sosial Kota Surabaya pada tanggal 23 Januari kemarin. Kemudian diserahkan ke Balai Rehabilitasi Sosial Bina Karya Cisarua Sub Unit Rumah Persinggahan Caringin, untuk kemudian di kembalikan ke kota asalnya.

“Informasi dari Bandung, sudah mengetahui asal kedua warga tersebut. Yang satu laki – laki umur 65 tahun bernama Tarlim asal desa Wiyong dan yang satunya perempuan umur 40 tahun bernama Rukayah asal desa Weru Kidul. Keduanya sama berasal dari kabupaten Cirebon,” terangnya.

Amin juga menjelaskan, Dinas Sosial Kabupaten Cirebon mendapat informasi tersebut pada Kamis, 24 Januari 2018 pagi, dan segera melakukan koordinasi, baik dengan pemerintah kecamatan dan desa asalnya masing – masing.

“Kami segera menghubungi pihak kecamatan dan desa untuk mengabari keluarga dari Tarlim dan Rukayah. Alhamdulliah semuanya membantu proses pemulangan ke keluarganya masing – masing,” ujar Amin.

Amin menjelaskan proses pengembalian kedua warga tersebut tidak langsung diserahkan kepada keluarganya, melainkan melalui pemerintah kecamatan ataupun pemerintah desa yang bersangkutan.

“Kami menyerahkan ke desa agar lebih memudahkan prosesnya. Kita cek langsung data penduduk tersebut ke desa. Apa benar terdaftar sebagai warga desa yang diterangkan atau bukan, sesuai dengan pengakuan mereka masing – masing,” terangnya.

Setelah melakukan koordinasi dengan kecamatan dan desa, Amin meminta untuk mengabari keluarga bersangkutan dan diminta untuk melakukan penjemputan warga tersebut di Dinas Sosial Kabupaten Cirebon di sumber.

“Untuk Rukayah kita antarkan ke Kecamatan Weru, biar dekat keluarga menjemputnya. Sementara Tarlim langsung di jemput oleh kuwu desa Wiyong ke kantor Dinsos,” ungkapnya.

Amin bersyukur proses pengembalian dua warga kabupaten Cirebon tersebut tidak mengalami gangguan apapun. Keduanya telah pulang ke rumah masing – masing dan berkumpul dengan keluarganya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu. Alhamdullilah sekarang sudah bisa pulang dengan selamat ke rumah. Untuk keluarga yang bersangkutan, semoga bisa merasakan kebahagian dengan seluruh anggota keluarganya,” pungkasnya. (Isno)

LEAVE A REPLY

16 − sixteen =