Salatiga Belajar Kerukunan ke Pemkab Cirebon

Salatiga Belajar Kerukunan ke Pemkab Cirebon

625
0
BERBAGI
Wakil Bupati Cirebon, Hj. Selly Andriany Gantina (kanan) menerima cindermata dari Wakil Walikota Salatiga dalam kunjungan kebangsaan.

CIREBON (R) – Forum Persaudaraan Bangsa Indonesia (FPBI) kota Salatiga, melakukan kunjungan kerja ke pemerintah daerah Kabupaten Cirebon, dari tanggal 17-19 September 2018.

Pada hari kedua, tepatnya Selasa (18/9/2018), rombongan FPBI kota Salatiga yang berjumlah 50 orang, disambut oleh Wakil Bupati Cirebon, Hj. Selly Andriany Gantina.

Bertempat di ruang Paseban Setda Kabupaten Cirebon, para tamu dan rombongan FPBI kota Salatiga dipertontonkan tari tradisional Cirebon yakni tari topeng samba.

Rombongan yang terdiri dari berbagai tokoh masyarakat dan etnis di kota Salatiga, melakukan kunjungan untuk mempelajari keberhasilan Pemkab Cirebon dalam menjaga kerukunan dan membina keberagaman keagamaan, suku bangsa yang ada di kabupaten Cirebon.

Ketua rombongan FPBI yang juga wakil Walikota Salatiga Moh. Haris, SS., M.Si mengatakan, melalui kunjungan ini tim berusaha untuk mempelajari keberhasilan Kabupaten Cirebon dalam memelihara kerukunan umat beragama dan suku-suku yang ada di kabupaten Cirebon.

“Kabupaten Cirebon adalah salah satu daerah yang berhasil menciptakan kebersamaan dan keberagaman dengan latar belakang yang berbeda-beda. Tidak ada perbedaan suku, ras dan budaya yang memicu perpecahan,” terangnya.

Dirinya berharap, dengan kunjungan tersebut dapat meningkatkan kerjasama antar pemkot Salatiga dan pemkab Cirebon, dalam rangka menjaga kerukunan bangsa, perbedaan suku dan agama.

“Kami bersama 50 teman yang hadir disini, berasal dari tokoh masyarakat dan tokoh agama di kota Salatiga. Semua kami ajak kesini untuk mempelajari langsung kondisi yang ada. Kami berharap bisa terus meningkatkan toleransi, setelah belajar dari sini,” tambahnya.

Sementara itu Wakil Bupati Cirebon, Hj. Selly Andriany Gantina mengatakan,  pemkab Cirebon menyambut baik kunjungan rombongan Pemkot Salatiga dalam melakukan study banding persaudaraan kebangsaan.

“Mudah – mudahan dengan kunjungan ini kita dapat menjalin tali persaudaraan dan bisa terus bersinergi dalam memelihara keberagaman umat agama dan kebangsaan demi kesatuan bangsa dan negara,” terangnya.

Ia menambahkan, dari kegiatan tersebut  dapat digambarkan bahwa Indonesia merupakan negara yang terdiri dari suku agama dan bahasa yang berbeda-beda.

Wakil Bupati Cirebon, Selly A. Gantina berfoto bersama rombongan dari kota Salatiga dalam kunjungan toleransi dan kebangsaan.

“Kebhineka tunggal ikaan ini harus tetap kita jaga. Pemkab Cirebon akan terus berupaya memberikan apa saja yg di butuhkan Pemkot Salatiga dalam kunjungan kebangsaan ini,” tambahnya.

Dirinya juga berharap, keberhasilan Kabupaten Cirebon dalam membina akulturisasi kebangsaan, bisa tertular di kota Salatiga. Sehingga Kesatuan Negara Republik Indonesia tidak mudah dipecah belah.

“Perbedaan dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara adalah sesuatu yang wajar. Tugas kita sebagai generasi penerus bangsa adalah berbuat yang terbaik demi kemajuan bangsa Indonesia,” pungkasnya. (if/ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

seventeen − fifteen =