Ratnawati Jabat PAW Kuwu Setu Wetan

Ratnawati Jabat PAW Kuwu Setu Wetan

277
0
SHARE
Proses musyawarah pemilihan kuwu pergantian antar waktu desa Setu Wetan Kecamatan Weru, Minggu (3/11/2019).

CIREBON (R) – Pemerintah desa Setu Wetan kecamatan Weru kabupaten Cirebon, menggelar musyawarah desa pemilihan kuwu Pergantian Antar Waktu (PAW) desa Setu Wetan, Minggu (3/11/2019).

Melalui pemilihan tersebut, Ratnawati berhasil menjadi pemenang setelah mengungguli Saptaji dengan selisih satu suara, yaitu 19 suara sedangkan saptaji 18 suara, dari 37 pengguna hak pilih.

Suherman selaku ketua BPD desa Setu Wetan mengatakan, pemilihan PAW kuwu Setu Wetan dilaksanakan karena kuwu definitif hasil pemilihan kuwu serentak tahun 2017, meninggal dunia setelah kurang lebih menjabat selama kurang lebih 1 tahun 6 bulan.

“Sesuai peraturan Bupati Cirebon Nomor 21 tahun 2019, kami diwajibkan menyelenggarakan proses pemilihan pejabat kuwu Pergantian Antar Waktu paling lambat 6 bulan setelah kuwu definitif meninggal dunia. Alhamdulillah sebelum 6 bulan kita sudah bisa selenggarakan dan berhasil terpilih kuwu definitif hasil pemilihan PAW tadi,” terangnya.

Ia menuturkan, selain bertugas meneruskan program – program yang telah dirancang kuwu yang terdahulu, kuwu PAW juga harus bisa mengimplementasikan visi misi kuwu 4 tahun kedepan, sesuai apa yang telah disampaikan kepada masyarakat Setu Wetan.

“Karena BPD itu tupoksinya sebagai penyeimbang pemerintahan dan legislasi, sehingga kita akan memantau dan mengikuti jalannya perkembangan pemerintahan kuwu PAW ini. Kita akan di luar pemerintahan sebagai cek and balance supaya roda pemerintahan desa ada yang mengawasi,” tuturnya.

Ratnawati kuwu terpilih hasil musyawarah pemilihan Pergantian Antar Waktu (PAW) pemerintah desa Setu Wetan.

Sementara itu, Camat Weru H. Teguh Supriadi menegaskan, tingginya partisipasi lembaga dalam pemilihan PAW kuwu Setu Wetan, adalah perwujudan dan pencerminan persatuan masyarakat Setu Wetan yang masih terus terjaga dan terajut dengan baik.

“Alhamdulillah proses pemilihan ini dapat berjalan dengan baik dan sukses. Meskipun harus melalui dua putaran, akhirnya terpilihlah kuwu PAW di desa Setu Wetan. Semoga kuwu PAW ini, dapat memberikan kemajuan dalam roda pemerintahan desa Setu Wetan kedepan,” terangnya.

Di tempat terpisah, dr. H. Edi Susanto, selaku perwakilan masyarakat mengatakan, atas nama keluarga ia mengucapkan syukur atas terpilihnya Ratnawati sebagai kuwu PAW desa Setu Wetan. Ia menilai kemenangan tersebut merupakan kemenangan bersama seluruh masyarakat desa Setu Wetan.

“Pertama kita bersyukur kepada Allah, kemenangan ini adalah kemenangan bersama. Dengan terpilihnya bu Ratna semoga mampu meneruskan program – program yang sudah ada. Kami menunggu inovasi – inovasinya untuk pembangunan desa Setu Wetan kedepan. Sehingga Setu Wetan bisa lebih maju dan lebih baik lagi, sesuai prinsip awalnya menjadi PAW,” terangnya.

Edi juga menambahkan, selaku keluarga akan selalu memberikan support dan dorongan kepada PAW terpilih, agar dapat bekerja dengan baik sampai sisa jabatan kuwu PAW berakhir. Semoga dengan dukungan semua pihak, roda pemerintahan bisa berjalan baik dan mampu memberikan perubahan bagi desa Setu Wetan.

“Kami selalu berdoa semoga menjadi pejabat yang amanah. Jabatan ini hanya sementara yang diberikan Allah. Apa yang dijanjikan dan apa yang menjadi visi misi dapat direalisasikan. Untuk membangun Setu Wetan yang lebih baik dan lebih maju,” tambahnya. (ta)

LEAVE A REPLY

nine + 8 =