Program Bantuan CSR Indocement Untuk Masyarakat

Program Bantuan CSR Indocement Untuk Masyarakat

333
0
SHARE
Media ghatering Indocement dengan wartawan se - Kabupaten Cirebon dalam rangka mempererat tali silaturahmi.

CIREBON (R) – Program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. pabrik Palimanan semakin dirasakan manfaatnya, oleh masyarakat sekitar. Baik dari segi ekonomi, sosial dan lingkungan.

Program CSR Indocement juga bersinergi dengan program pemerintah, dalam pencapaian Dustainable Development Goal’s (SDG’S). Program tersebut hampir seluruhnya menyentuh aspek kehidupan di masyarakat.

Assistant to GMO PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Pabrik Palimanan, Kabupaten Cirebon, Otto Ahadijat mengatakan, perusahaanya memiliki banyak program pemberdayaan masyarakat yang manfaatnya, sudah dirasakan oleh masyarakat sekitar, baik dari ekonomi, sosial dan lingkungan.

“Program tersebut meliputi tiga roda kreatif, tiga roda Asri, tiga roda Juara, tiga roda peduli dan tiga roda bangkit. Kesemuanya kami jalankan untuk membantu masyarakat sekitar. Sehingga kehadiran kami, betul-betul memiliki kontribusi dalam memajukan ekonomi, sosial dan lingkungan di masyarakat,” terangnya.

Dijelaskannya, terkait program tiga roda kreatif, Indocement bersama dengan para pengrajin membentuk sentra Indobatik Ciwaringin. Pembinaan dan pelatihan secara berkesinambungan, terus dilakukan. Keberadaan Indobatik Ciwaringin sebagai sentra batik tulis pewarna alami, semakin jelas manfaatnya.

“Dampaknya jelas terlihat dengan meningkatnya kualitas batik dari para pengrajin. Bahkan sekarang, pengrajin sudah bisa membatik di bahan sutra. Kemudian beberapa dari mereka sudah mendapatkan sertifikasi kompetensi dari lembaga sertifikasi profesi. Meningkatnya kapasitas SDM masyarakat, serta 5 motif khas Ciwaringin mendapatkan hak cipta dari Kemenkumham serta peningkatan yang lain,” imbuhnya.

Mengenai bidang pendidikan dan sosial Otto menjelaskan, Indocement memiliki program yang dinamai tiga roda juara dan tiga roda peduli. Program tersebut adalah untuk membantu dunia pendidikan melahirkan generasi penerus bangsa yang berkualitas.

“Khusus dalam pendidikan, kami memberikan beasiswa mulai dari tingkat sekolah dasar, hingga tingkat perguruan tinggi. Pemberian pelatihan – pelatihan peningkatkan ketrampilan masyarakat. Kami juga melakukan perbaikan rumah tidak layak huni di kecamatan Gempol dan Palimanan, serta pemasangan hydro filter di salah satu pondok pesantren,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan, mengenai perhatian terhadap lingkungan dan jalinan silaturahmi kepada masyarakat, pihaknya memiliki program tiga roda asri dan tiga roda bangkit.

“Disini kami memiliki program kampung iklim (PROKLIM) berlingkup nasional yang di kelola KLHK, untuk mendorong masyarakat melakukan peningkatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim. Selain itu, kami juga membuat taman Hidroponik Indocement. Kami juga menggelar kegiatan bina lingkungan komunikasi (BILIKOM) untuk menciptakan keharmonisan, keakraban dan mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Indocement, telah diakui baik oleh pemerintah daerah, Pemerintah pusat melalui kementerian terkait dan juga oleh lembaga atau institusi lainnya. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa penghargaan yang telah di dapatnya selama ini. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

nine + six =