Pasca Dilantik, PMI Cirebon Dituntut Siap Hadapi Kebencanaan

Pasca Dilantik, PMI Cirebon Dituntut Siap Hadapi Kebencanaan

308
0
SHARE
Pengurus dan Dewan Kehormatan PMI Kabupaten Cirebon Masa Bhakti 2018 - 2023, berfoto bersama usai pelantikan.

CIREBON (R) – Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Pj. Bupati Cirebon, melantik dan mengukuhkan pengurus dan dewan kehormatan PMI Kabupaten Cirebon masa bhakti 2018 – 2023, yang bertempat di aula Nyimas Gandasari gedung Setda Kabupaten Cirebon, Rabu (6/2/2019).

Hadir dalam kesempatan itu, Pj Bupati Cirebon, Forkopimda, jajaran pengurus PMI Kabupaten Cirebon terpilih, Kepala OPD dan beberapa tamu undangan lainnya.

Pj. Bupati Cirebon H. Dicky Saromi dalam sambutannya mengatakan, ia menyambut positif acara pelantikan tersebut. Ia menilai peran PMI sangat mendukung dalam menjalankan tugas – tugasnya dulu, saat ia masih menjabat sebagai Kepala BPBD Provinsi Jawa Barat beberapa waktu lalu.

“Pengalaman saya bersama PMI Kabupaten Cirebon kemarin, saat membantu penanganan bencana di Palu dan Sigi, serta beberapa tempat bencana yang lain, saya rasa sangat luar biasa. Bagaimana PMI bersama BPBD Jawa Barat hadir disana bersama – sama, bahu membahu dalam menjalankan misi kemanusiaan. Dengan PMI lah saya bisa merasakan, inilah tugas kemanusiaan yang sesungguhnya, setelah mendapatkan pengalaman tadi,” ungkapnya.

Dicky Saromi juga menegaskan, tugas kemanusiaan dan tugas kepolitikan menurutnya sangat berbeda tipis. Bagaimana tugas kemanusiaan bisa di olah sedemikian rupa, untuk sesuatu yang pada akhirnya, tugas kemanusiaan tersebut hanya lebelnya saja, akan tetapi ada sisi lain yang terlihat.

“Tugas PMI kedepan, tidak hanya menjalankan 7 prinsip tugas PMI, tetapi yang harus diingat juga, bahwa PMI tidak bergerak di donor darah saja tetapi PMI juga bergerak dari sisi kesehatan masyarakat dan kebencanaan. Sehingga saya sampaikan dimana kiprah PMI sangat dibutuhkan di Kabupaten kita ini. Mengingat Kabupaten Cirebon masuk 10 kabupaten di Jawa Barat yang termasuk daerah rawan bencana,” tegasnya.

Pihaknya berharap, peran PMI kedepan dapat di tingkatkan lagi untuk Kabupaten Cirebon yang lebih baik lagi. Karena peran PMI sangat di tunggu masyarakat, untuk saat ini dan seterusnya. Sementara untuk PMI Jawa Barat, pihaknya meminta dukungan dan bimbinganya untuk PMI Kabupaten Cirebon yang lebih baik.

Sementara itu Ketua PMI Kabupaten Cirebon terpilih, Hj. Heviana mengatakan, sebelum pelantikan tersebut dirinya telah memiliki rancangan program – program PMI kedepan, yang nantinya akan dilaksanakan. Dengan pelantikan tersebut, ia berharap dapat memunculkan semangat baru dalam menjalankan program – program PMI.

“Dengan pelantikan ini akan lebih memiliki semangat. Kami para pengurus dan pengurus kecamatan yang siap terjun ke lapangan dan mengembangkan PMI agar kedepan lebih baik lagi. Terutama tentang bangaimana meningkatkan sosialisasi tentang donor darah dan meningkatkan tentang donor itu sendiri,” terangnya di depan awak media.

Disinggung mengenai Cirebon termasuk daerah rawan bencana ia menjelaskan, PMIĀ  telah memiliki beberapa program penanggulangan bencana, diantaranya pelatihan – pelatihan penanggulangan bencana dan juga peningkatan SDM kepada para KSR.

“Semoga dengan ini, sinergitas PMI dengan pemerintah Kabupaten Cirebon, dapat ditingkatkan lagi. Mengenai aspirasi yang saya sampaikan, untuk backup dan memperkuat serta menjalankan roda organisasi PMI, janjinya pa Pj. Bupati sudah siap untuk di alokasikan,” tandasnya. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

19 − one =