SMPN 1 Dukupuntang Bikin Plakat Dari Batu Alam

SMPN 1 Dukupuntang Bikin Plakat Dari Batu Alam

315
0
SHARE
H. Supyani, Kepala SMPN 1 Dukupuntang memperkenalkan plakat batu alam sebagai cinderamata.

CIREBON (R) – Wilayah Kecamatan Dukupuntang terkenal kaya akan potensi kerajinan batu alamnya. Berbagai produk kerajinan dihasilkan, mulai dari hiasan dinding sampai berbagai kerajinan interior rumah. Semuanya menggunakan bahan dasar batu alam, yang tersedia melimpah di wilayah kecamatan Dukupuntang.

Melihat hal tersebut, Kepala SMPN 1 Dukupuntang H. Supyani, berinisiatif menjadikan kerajinan batu alam sebagai plakat atau cinderamata, yang akan selalu dikenang oleh para tamu saat berkunjung ke SMPN 1 Dukupuntang.

“Umumnya plakat biasanya menggunakan bahan akrilik ataupun kayu. Tapi di SMPN 1 Dukupuntang, plakatnya terbuat dari batu alam. Mungkin di Kabupaten Cirebon baru SMPN 1 Dukupuntang yang menggunakan. Ini adalah upaya untuk memperkenalkan potensi alam dan kerajinan di wilayah kecamatan Dukupuntang,” ungkapnya.

H. Supyani mengatakan, ide pembuatan plakat berbahan batu alam, terinspirasi dari banyaknya sentra kerajinan batu alam di wilayah sekitar sekolah. Ia kemudian mencoba mencari referensi dan juga bentuk, untuk kemudian diserahkan kepada pengrajin, agar bisa dibuatkan sesuai dengan keinginan.

“Kenapa kami memilih batu alam. Karena tujuan dari plakat sendiri adalah untuk kenang – kenangan. Kami ingin memunculkan kekhasan dari SMPN 1 Dukupuntang, melalui kerajinan batu alam. Disini juga banyak anak dari para pengrajin batu alam yang bersekolah disini. Ini salah satu bentuk apresiasi kami,” jelasnya.

Dia mengharapkan, upaya kecil yang dilakukan oleh SMPN 1 Dukupuntang tersebut, dapat menginspirasi siapapun agar ikut serta dalam memajukan daerahnya. Menurutnya, di Kabupaten Cirebon sendiri sangat banyak potensi yang bisa diangkat, sebagai ciri khas yang menggambarkan wilayahnya masing – masing.

“Kami berharap dengan apa yang kami lakukan ini, dapat sedikit membantu mempromosikan kekayaan lokal kepada dunia luar. Kami sangat bangga memperkenalkan kekayaan Kabupaten Cirebon ke luar daerah. Ini adalah identitas kita dengan segala potensi dan kekayaannya,” pungkasnya. (is/ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

18 − twelve =