PKM Kepuh Ajak Warga Palimanan Cegah Stunting

PKM Kepuh Ajak Warga Palimanan Cegah Stunting

468
0
SHARE
Kepala Puskesmas Kepuh, Hj. Sofiyah bersama Camat Palimanan beserta Muspika melaunching program kesehatan untuk masyarakat

CIREBON (R) – UPTD Puskesmas Kepuh Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon menggelar kegiatan kampanye serta penggalangan komitmen pencegahan dan penanggulangan stunting di wilayah UPTD Puskesmas Kepuh, Rabu (31/6/2019).

Selain kegiatan tersebut UPTD Puskesmas Kepuh juga menyelenggarakan kegiatan lokakarya mini dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk para peserta kegiatan.

Hadir dalam kesempatan tersebut camat Palimanan, unsur kepolisian, TNI dan puluhan kader posyandu dari berbagai desa di wilayah kecamatan Palimanan.

Kepala Puskesmas Kepuh Hj. Sofiyah mengatakan, dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kerjasama antar program yang di jalankan puskesmas serta kerjasama dengan lintas sektoral mulai dari muspika kecamatan Palimanan, pemerintah desa dan kader – kader posyandu dari berbagai desa di wilayah kecamatan Palimanan.

“Dari dulu kerjasama puskesmas dengan lintas sektor disini sudah sangat baik. Sehingga saya yang baru bertugas disini kurang lebih sembilan bulan, harus secepatnya merangkul semua lintas sektor agar semua program – program kami dapat ditunjang dengan baik,” ungkapnya kepada awak media usai kegiatan.

Hj. Sofiyah menyampaikan, pihaknya sampai saat ini sudah memiliki 5 program inovasi yang di jalankan puskesmas Kepuh. 3 program telah di launching tahun 2018 sedangkan dalam kegiatan kali ini pihaknya melaunching 2 program yang diberi nama program banting harga dan program waras kabeh.

“Banting harga sendiri artinya berantas stunting di awali dari keluarga. Karena stunting itu pencegahannya di mulai dari keluarga dengan memberikan asi eksklusif, di asuh dengan baik, asupan gizinya baik dan juga tumbuh kembangnya harus terus di pantau. Sedangkan untuk program waras kabeh, artinya warga aktif mencari sasaran TB,” paparnya.

Ia menambahkan, meskipun wilayahnya bukan menjadi locus stunting, namun pihaknya mengaggap komitmen bersama terkait kampanye pencegahan dan penanggulangan stunting dinilai sangat penting, mengingat stunting sangat berbahaya.

Sementara itu Camat Palimanan H. Sarka mengatakan, pihaknya akan selalu mendukung dan mensupport apapun program yang dilaksanakan oleh pihak puskesmas. Terlebih lagi permasalahan stunting merupakan salah satu program yang di prioritaskan oleh pemerintah pusat.

“intinya dalam kegiatan kampanye dan komitmen bersama ini merupakan salah satu upaya yang serius dalam rangka pencegahan dan penanggulangan stunting di Palimanan. Karena hal ini perlu peran serta seluruh stakeholder yang ada. Baik masyarakat, pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah kecamatan maupun puskesmas itu sendiri,” terangnya.

H. Sarka juga menegaskan, meskipun wilayahnya memiliki potesi stunting yang masih rendah akan tetapi pihaknya akan serius dalam rangka pencegahan terjadinya stunting di wilayahnya.

“Segala potensi terjadinya stunting pasti ada. Maka dari itu, upaya pencegahannya harus dilakukan serius. Kami nilai langkah program yang dilakukan Pukesmas Kepuh sampai saat ini sangat luar biasa. Sehingga pemahaman tentang stunting masyarakat disini sedikit banyaknya mulai memahami apa itu stunting dan bagaimana pencegahannya,” tegasnya.

Pihaknya juga menghimbau, kepada seluruh masyarakat kecamatan Palimanan, untuk selalu menjaga kesehatan baik diri pribadi, keluarga dan yang paling penting adalah menjaga kesehatan lingkungan agar stunting dapat dicegah. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

three × three =