PERKAHPI Siap Rangkul Pemerintah Cegah Korupsi Pengadaan Barang dan Jasa

PERKAHPI Siap Rangkul Pemerintah Cegah Korupsi Pengadaan Barang dan Jasa

374
0
BERBAGI
Ketua Umum DPP PERKAHPI, Sabela Gayo, Ph.D memberikan sertifikat Kepada Ketua DPC PERKAHPI CIREBON RAYA, Arif Rahman, SH.

CIREBON (R) – Dewan Pimpinan Cabang Perkumpulan Ahli Hukum Kontrak Pengadaan Indonesia (DPC PERKAHPI) Cirebon Raya Periode 2020 – 2025 resmi dikukuhkan, Minggu (9/2/2020) di salah satu hotel di Kawasan Kota Cirebon.

Sejumlah pejabat pemerintah daerah di wilayah III Cirebon hadir dalam pelantikan tersebut, diantaranya adalah Pemerintah Kota Cirebon, Pemerintah Kabupaten Kuningan, Pemerintah Kabupaten Majalaengka, bahkan Anggota Kimisi VIII DPR RI,  Selly Andriany Gantina.

Ketua Umum DPP PERKAHPI, Sabela Gayo, Ph.D yang juga sebagai Pengacara Pengadaan atau Ahli Hukum Kontrak Pengadaan Nasional serta Ketua Umum DPN APPI mengatakan, kehadiran DPC PERKAHPI CIREBON RAYA diharapkan dapat memberikan pengetahuan (knowledge)  mengenai berbagai potensi permasalahan kontrak pengadaan barang/jasa pemerintah. Para Ahli Hukum Kontrak yang tergabung dalam DPC PERKAHPI juga di dukung oleh International Federation of Procurement Bar Association (IFPBA).

“Potensi permasalahan sengketa kontrak pengadaan, dapat terjadi baik pada saat proses pemilihan penyedia barang dan jasa maupun pada saat pelaksanaan kontrak pengadaan itu sendiri. Para pihak yang terlibat dalam proses Pengadaan Barang atau Jasa seperti Pokja Pemilihan, Pejabat Pengadaan, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PjPHP) dan Panitia Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PPHP), harus benar-benar memahami dan menguasai berbagai potensi permasalahan kontrak pengadaan barang atau jasa pemerintah, supaya dapat terhindar dari terjadinya sengketa kontrak (contract disputes) yang berakibat pada terlambatnya atau gagalnya pelaksanaan pekerjaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPC PERKAHPI CIREBON RAYA, Arif Rahman, SH. mengaku siap menggandeng pemerintah daerah khususnya di wilayah III Cirebon, dalam hal pendampingan sebagai Ahli Hukum Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa. Ia berharap semoga sinergitas tersebut dapat berjalan dengan baik sebagai langkah peningkatan pembangunan di wilayah III Cirebon.

“Saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan Ketua Umum DPP PERKAHPI bapak Sabela Gayo, Ph.D kepada saya. Semoga dengan kehadiran DPC PERKAHPI CIREBON RAYA ini, dapat meningkatkan hubungan kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah di wilayah III Cirebon,” jelasnya.

Sedangkan Anggota DPR RI, Hj. Selly Andriany Gantina mengapresiasi kehadiran DPC PERKAHPI CIREBON RAYA tersebut. Ia berharap kepada pemerintah daerah untuk memberikan kesempatan bagi DPC PERKAHPI, untuk menangani persoalan Hukum Kontrak Pengadaan Barang dan Jasa.

“Semoga dengan adanya DPC PERKAHPI CIREBON RAYA ini, dapat mendorong peningkatan pembangunan di wilayah III Cirebon. Pemerintah daerah bisa mengandeng Ahli Hukum Kontrak sebagai bentuk jaminan kepastian hukum, agar apa yang sudah direncanakan sampai dengan pembangunan selesai, tidak menimbulkan persoalan hukum di kemudian hari. Ini menurut saya sangat positif,” pungkasnya. (is)

LEAVE A REPLY

4 × 2 =