Pendaftaran Balon Kuwu Desa Megu Gede Sudah Dibuka

Pendaftaran Balon Kuwu Desa Megu Gede Sudah Dibuka

617
0
SHARE
Ketua Panitia Pilwu Desa Megu Gede, Abdullah (tengah) menerima berkas pendaftaran balon kuwu desa Megu Gede.

CIREBON (R) – Tahapan pelaksanaan pemilihan kuwu serentak di kabupaten Cirebon terus bergulir. Pembukaan pendaftaran bakal calon kuwu resmi dibuka pada Rabu (28/8/2019).

Bakal calon kuwu yang ingin mencalonkan diri dan ikut serta dalam pemilihan kuwu serentak kabupaten Cirebon tahun 2019, sudah bisa mendaftar kepada panitia pemilihan kuwu di desanya masing – masing. Pelaksanaan pemilihan diprediksi akan digelar pada Oktober mendatang.

Dalam pantauan media Republiqu di beberapa desa di kecamatan Weru dan Plumbon kabupaten Cirebon, nampak masih sepi dari pendaftar bakal calon kuwu yang mendaftarkan diri, seperti yang terpantau di desa Megu Gede.

Ketua panitia pemilihan kuwu desa Megu Gede Abdullah mengatakan, pelaksanaan pemilihan kuwu di desanya sudah melewati beberapa tahapan. Saat ini menurutnya tahapan yang sedang dilaksanakan adalah pembukaan pendaftaran bakal calon kuwu desa Megu Gede.

“Alhamdulillah tahapan – tahapan proses pemilihan kuwu desa Megu Gede tahun 2019 berjalan lancar. Untuk tahapan saat ini, kita sudah mulai membuka pendaftaran bakal calon kuwu untuk tahap 1. Di hari pertama pendaftaran ini, sampai siang ini baru satu orang yang mendaftar. Kami juga kemarin malam sudah melakukan rapat untuk pembaruan data pemilih sementara, dari jumlah 7.270 menjadi 7.022 orang,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, untuk pendaftaran bakal calon kuwu desa Megu Gede sendiri, akan dilaksanakan dalam 2 tahap penjaringan. Tahap 1 dimulai dari tanggal 28 Agustus sampai 4 September. Sedangkan untuk tahap 2 dari tanggal 5 sampai 11 September 2019.

“Jika dalam tahap penjaringan awal ini, sampai tanggal 4 September nanti, lebih dari satu orang atau lebih dari 4 orang yang sudah mendaftar, maka kami akan melakukan tahapaan verifikasi dan uji akademik. Sehingga untuk penjaringan tahap 2, kami tidak buka. Tapi apabila cuma satu orang yang mendaftar, maka kami akan tetap membuka penjaringan tahap 2,” jelasnya.

Ia berharap, peran serta seluruh elemen masyarakat, baik pemerintah kabupaten Cirebon maupun masyarakat desa Megu Gede dapat mensukseskan pelaksanaan pilwu desa Megu Gede pada Oktober mendatang sehingga bisa berjalan sukses.

Sementara itu H. Syahri Romdona bakal calon kuwu desa Megu Gede usai mendaftarkan diri mengatakan, sebagai masyarakat desa Megu Gede, dirinya merasa tergerak untuk mencalonkan diri sebagai kuwu desa Megu Gede agar bisa berkontribusi membangun desa kearah yang lebih baik.

“Alhamdulillah pada kesempatan ini saya bisa mendaftarkan diri sebagai bakal calon kuwu desa Megu Gede. Untuk berkas – berkas persyaratan, saya pikir semuanya sudah lengkap. Yang pasti, saya akan mengikuti tahapan yang sudah diatur panitia pemilihan kuwu desa Megu Gede, sesuai dengan alur dalam proses pelaksanaannya sampai dengan selesai,” pungkasnya. (ta)

LEAVE A REPLY

nineteen − six =