Pemdes Purbawinangun Genjot Pengelolaan Bumdes Gempur

Pemdes Purbawinangun Genjot Pengelolaan Bumdes Gempur

521
0
BERBAGI

Cirebon (R) – Pemerintah Desa Purbawinangun kecamatan Plumbon kabupaten Cirebon menggelar kegiatan sosialisasi dan penguatan bumdesa “GEMPUR” tahun anggaran 2018.

Dalam kesempatan tersebut camat Plumbon Mohamad Fery Afrudin mengatakan, bumdes merupakan salah satu kebijakan prioritas pemerintah pusat dan memiliki nilai strategis dalam peningkatan ekonomi masyarakat desa.

“Begitu pentingnya keberadaan bumdes, maka harus betul-betul diperhatikan dengan baik, dari segi programnya maupun kepungurusannya, agar bumdes ini bisa berjalan dan maju,” terangnya.

Pihaknya juga berharap, peran serta masyarakat desa dalam pelaksanaan bumdes tersebut, dapat menjadi kunci keberhasilan maju kembangnya bumdes di desa masing-masing.

“Desa hanya sebagai pembina di awal, tapi nantinya masyarakat sendirilah yang akan mengelola. Sehingga manfaat tersebut bisa di dapat masyarakat dan juga ada sumber PAD tambahan bagi desa,” tambahnya.

Sementara itu Kuwu Purbawinangun Rusmana menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan lanjutan setelah terbentuknya kepengurusan bumdes yang baru. Sehingga langkah penguatan untuk kepengurusan dinilai sangat penting.

“Bumdes sendiri sudah terbentuk dari tahun 2016, namun pada pertengahan tahun 2017, ketua bumdes mengundurkan diri. Sehingga di tahun ini, alhamdulillah sudah terbentuk lagi kepengurusan yang baru,” terangnya.

Ia menuturkan, dengan keberadaan bumdes di desanya diharapakan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, serta dapat menggali potensi-potensi sumber daya desa.

“Kami ingin memberdayakan masyarakat, dalam hal ini untuk sama-sama membangun ekonomi kerakyatan, selain itu bumdes juga bisa menjadi alternatif dalam pengembangan dunia usaha yang ada di desa,” pungkasnya. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

16 − 9 =