Pemdes Karangasem segera Lakukan Pemutakhiran Data SDGs Desa

Pemdes Karangasem segera Lakukan Pemutakhiran Data SDGs Desa

724
0
BERBAGI
Bimtek SDGs Desa Karangasem Karangwareng Cirebon/Istimewa

CIREBON (rq) – Bimbingan teknis (Bimtek) menjadi ajang pelatihan bagi para relawan yang akan melaksanakan semua kegiatan pemutakhiran data SDGs Desa yang akan segera dilaksanakan pada minggu depan.

Demikian dikatakan Kepala Desa (Kuwu) Karangasem Kecamatan Karangwareng Kabupaten Cirebon, Heriyanto kepada Republiqu, Senin (5/4/2021).

Pria yang akrab disapa Yanto ini mengatakan, pemutakhiran data SDGs Desa sebagai upaya terpadu untuk mewujudkan tercapainya tujuan pembangunan di Desa dan program ini merupakan turunan dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Diharapkan dengan pemutakhiran pendataan ini, maka pembangunan dan mengembangkan potensi yang ada lebih dimaksimalkan supaya Desa lebih maju,” katanya.

Adapun dalam pelaksanaan pemutakhiran data ini akan melibatkan Kepala Dusun (Kadus), RT dan RW serta tim dari Puskesos Desa yang akan membagikan kuesioner yang harus diisi oleh setiap masyarakat yang ada di desa Karangasem.

Advertisement

“Kami berharap dalam satu bulan setengah, pemutakhiran data ini dapat diselesaikan secara manual maupun di online kan,” jelasnya.

Dikutip dari website resmi Kemendes PDTT, SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021. (is/on)