Pegurus LPNU Dilantik, Siap Bantu Wong Cilik

Pegurus LPNU Dilantik, Siap Bantu Wong Cilik

318
0
SHARE

Cirebon (R) – Kepengurusan Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU)  Kabupaten, Cirebon masa khidmat 2018 – 2022 resmi dilantik. Lembaga yang bernaung di bawah PCNU ini, berkomitmen mengembangkan ekonomi kemasyarakatan berbasis syariah.

Ketua LPNU Kabupaten Cirebon, H. Surahman mengatakan, LPNU adalah salah satu lembaga yang di bentuk NU, untuk menaungi perekonomian warga nahdliyin. Hal tersebut dikarenakan, hampir sebagian besar warga NU, bergerak di bidang usaha.

“Kebanyakan warga NU mata pencahariannya adalah pedagang. Namun selama ini, umumnya mereka berusaha sendiri, memotivasi dirinya sendiri, mencari modalnya sendiri, tujuannya, supaya usahanya tersebut, bisa terus berjalan. Padahal, NU adalah lembaga yang sangat besar. Ini yang kemudian melahirkan Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama atau LPNU,” ujarnya, Senin (12/3/2018).

Dikatakannya, dengan adanya LPNU, warga NU bisa berkonsultasi, membangun jaringan bisnis, bahkan menjalin kerjasama dengan koperasi NU, untuk menambah modal usahanya, agar usahanya bisa terus berkembang dan terus meningkat.

“Tidak semua pedangan ataupun wirausahawan, memulai usahanya dengan modal yang besar. Semua sesuai dengan kemampuannya masing – masing. Ada yang modalnya kecil. Bahkan ada juga yang modalnya pas – pasan. Ini yang kemudian menjadi persoalan,” kata H. Surahman.

Diterangkannya, mindset atau karakter warga NU, sejak dahulu memang sudah identik dengan berdagang. Karena umumnya warga NU berasal dari berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari masyarakat perdesaan sampai masyarakat perkotaan.

“Ini yang sangat luar biasa dari sebuah lembaga NU. Berbagai lapisan masyarakat sampai beragam macam profesi, hampir semuanya ada didalam lembaga NU. Ini adalah sebuah kekuatan besar. Perekonomian masyarakat NU, harus mulai dibangun dengan bergandeng tangan. Kemandirian dan kesuksesan, akan tumbuh jika semua kekuatan bisa bersatu,” ungkapnya.

Sementara itu, mantan kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, H. Imron Rosadi, mendukung positif program LPNU, untuk mengembangkan perekonomian masyarakat, khususnya warga NU.

“Saya sangat mendukung sekali program LPNU ini. Banyak warga NU yang mayoritas pekerjaannya pedagang atau wirausaha. Dengan adanya Lembaga Perekonomian NU, mudah-mudahan bisa menjadi wadah bagi mereka, untuk terus mengembangkan usahanya menjadi lebih baik dan lebih besar,” pungkasnya.

Acara pelantikan pengurus LPNU Kabupaten Cirebon tersebut, juga berbarengan dengan launching pembukaan Koperasi NU Artha Berkah, penandatanganan MoU dengan Dinas Koperasi dan juga MoU dengan Bank Mandiri. (NR)

LEAVE A REPLY

five × 2 =