Pasar Sumber Segera Rampung, Pedagang Bersiap Pindah

Pasar Sumber Segera Rampung, Pedagang Bersiap Pindah

554
0
BERBAGI
Tim TP4D Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon bersama Pj. Bupati dan Dinas terkait, meninjau pembangunan pasar Sumber dalam rangka safari pembangunan tahun 2018

CIREBON (R) – Masyarakat kota Sumber kabupaten Cirebon, khususnya para pedagang pasar Sumber, kini sedang diselimuti rasa bahagia yang tak terkira. Pasalnya, pasar sumber yang pernah terbakar dan menghanguskan sebagian kios yang ada beberapa waktu lalu, kini sudah berdiri kokoh kembali. Bahkan saat ini, pasar sumber yang baru itu berdiri, dengan tampilan dan wajah baru yang jauh berbeda, dari pasar yang dulu.

Lurah Sumber kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon, Asep menuturkan, dirinya beserta masyarakat sumber, sangat gembira melihat tampilan pasar Sumber yang sekarang ini. Ia menilai, pasar Sumber yang sekarang jauh lebih baik, dari segi bangunannya maupun tampilannya.

“Kami mewakili masyarakat Sumber, khususnya para pedagang pasar, merasa senang dengan selesainya pembangunan pasar ini. Karena itu yang di tunggu – tunggu para pedagang. Sesuai perjanjian, mereka para pedagang yang menjadi korban kebakaran kemarin, secara otomatis akan pindah ke pasar yang baru,” tuturnya kepada republiqu, Kamis (13/12/2018).

Asep juga menambahkan, dari data DISPERDAGIN Kabupaten Cirebon, ada sebanyak 549 pedagang yang menjadi korban kebakaran pada waktu itu. Nantinya, mereka yang terdaftar, akan dipindahkan ke pasar baru tersebut. Sehingga tatanan kota Sumber dapat terlihat tertib dan indah.

“Mudah – mudahan dengan adanya monitoring ini, dapat mempercepat pemindahan para pedagang pasar Sumber, yang sekarang menempati pasar darurat. Karena dengan adanya pasar baru ini, bisa menambah tatanan kota Sumber lebih cantik dan tertib lagi. Pasalnya kota Sumber merupakan ibu kota Kabupaten Cirebon. Jadi harus tampil menawan dan berbeda dari wilayah lainnya di Kabupaten Cirebon,” tambahnya.

Disinggung terkait banyaknya pedagang yang berada di luar pasar, pemerintah Kelurahan Sumber akan menyerahkan sepenuhnya kepada DISPERDAGIN untuk melakukan penataannya.

“Secara teknis, kewenangan untuk menata pedagang ini milik Dinas Perdagangan dan Industri Kabupaten Cirebon. Katanya kedepan, tidak ada lagi pedagang yang ada di luar. Termasuk parkiran juga, nanti akan masuk kedalam. Karena pasar ini sudah berstandar Nasional,” imbuhnya.

Senada dengan lurah Sumber, Solekha selaku pedagang kopi yang berada di depan pasar Sumber, merasa bangga dengan adanya pasar baru tersebut. Ia juga bersiap untuk pindah ke dalam, bila pasar tersebut sudah diresmikan.

“Katanya kedepan tidak boleh lagi dagang diluar. Pasalnya percuma saja di bangun, kalau masih pada berjualan di luar. Padahal pasarnya sendiri sudah bagus. Mudah – mudahan kedepan, pasar tambah rame dan banyak pembelinya. Saya berharap semoga tidak terjadi lagi musibah kebakaran seperti kemarin,” tukasnya. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

two + thirteen =