Musim Hujan Datang, BPBD Menghimbau Masyarakat Waspada

Musim Hujan Datang, BPBD Menghimbau Masyarakat Waspada

464
0
BERBAGI

CIREBON (R) – Kabupaten Cirebon saat ini mulai memasuki musim penghujan. Meski belum merata dan intensitasnya ringan, masyarakat diminta waspada dari berbagai dampak yang akan timbul. Akibat peralihan musim seperti saat ini.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, H. Eman Sulaiman membenarkan, jika sekarang Kabupaten Cirebon sudah memasuki musim peralihan. Diperkirakan pada minggu kedua bulan Nopember, curah hujan akan semakin tinggi dan merata di seluruh wilayah Cirebon.

“Dari perkiraan BMKG Cirebon sudah memasuki musim hujan. Nanti di minggu kedua akan semakin lebat dan merata di wilayah kabupaten Cirebon,” terangnya.

Ia menjelaskan, terkait musim penghujan, masyarakat diminta waspada dan senantiasa menjaga lingkungan, agar selalu bersih dan sehat. Tujuannya untuk menghindari dan mencegah dampak yang nantinya ditimbulkan dari musim penghujan.

“Kami ingin masyarakat tetap waspada dari dampak yang nanti timbul. Hal itu bisa di cegah dengan menjaga lingkunganya, membersihkan saluran-saluran drainase dari sampah yang ada. Agar aliran air tidak tersumbat dan tidak menimbulkan banjir,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, terkait permasalahan sendimentasi dan sampah yang ada di aliran-aliran sungai, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“Kewenangan kami hanya melakukan koordinasi dan pelaporan serta mengawasi titik-titik mana yang rawan bencana. Kami juga sudah mempersiapkan berbagai hal, baik satgas penanggulangan bencana maupun sarana prasarana penunjangnya,” tegasnya.

Eman menghimbau kepada masyarakat, untuk tidak membuang sampah kealiran sungai dan juga tidak mendirikan bangunan di sepadan sungai, karena dapat mengganggu laju arus air, sehingga beresiko menimbulkan bencana banjir. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

one × 5 =