Melestarikan Tradisi, Desa Pabedilan Kaler Gelar Acara Sedekah Bumi

Melestarikan Tradisi, Desa Pabedilan Kaler Gelar Acara Sedekah Bumi

256
0
BERBAGI
Kuwu Pabedilan Kaler, Casban bersama Ketua KSM LSM GMBI Distrik Cirebon Raya Kecamatan Pabedilan - Babakan, Wantoha dan jajarannya, dalam acara Sedekah Bumi.

CIREBON (rq) – Memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw tahun 2020, sekaligus merayakan milad (ulang tahun) ke – 37 desa Pabedilan Kaler Kecamatan Pabedilan Kabupaten Cirebon, pemerintah desa Pabedilan Kaler menggelar acara Sedekah Bumi yang dilaksanakan pada Minggu, 1 November 2020.

Kuwu desa Pabedilan Kaler, Casban, dalam sambutannya mengatakan, peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw pada tahun 2020 ini, merupakan momentum untuk kembali mengingat dan mentauladani perjuangan Nabi besar Muhammad Saw dalam menyebarluaskan Islam.

“Setiap tahun, alhamdulillah kami selalu memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad Saw. Selain kecintaan kami, sebagai umat Islam. Perjuangan beliau juga menjadi suritauladan agar kita selalu menjadi manusia yang bermanfaat dan berguna bagi sesama. Semoga kita semua selalu menjadi umatnya yang taat,” ucapnya.

Advertorial

Dikatakan kuwu Casban, peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw tahun 2020 ini juga sekaligus memperingati milad (ulang tahun) desa Pabedilan Kaler yang ke 37. Untuk menambah meriah suasana peringatan, pihaknya juga menggelar acara sedekah bumi dengan lomba tumpeng hasil bumi dari perwakilan setiap RW.

“Acara sedekah bumi ini adalah tradisi yang harus kita jaga dan kita lestarikan. Generasi saat ini harus mengenal dan mencintai budaya dan adat tradisi di desanya. Ini sangat perlu, mengingat kemajuan zaman sudah sangat cepat. Jangan sampai adat tradisi seperti ini hilang,” paparnya.

Kuwu Casban juga mengucapkan terima kasihnya kepada semua masyarakat yang telah terlibat dalam mensukseskan acara tersebut. Menurutnya tumpeng hasil bumi yang diarak dalam acara sedekah bumi itu, akan dilombakan sebagai wujud apresiasi pemerintah desa kepada masyarakat.

Arak – arakan tumpeng hasil bumi dalam acara sedekah bumi desa Pabedilan Kaler.

“Tumpeng hasil bumi kreasi masyarakat ini akan kita lombakan. Syarat penilaiannya yaitu kerapihan, kebersamaan dan kekompakan. Yang tak kalah penting dari acara ini adalah silaturahmi, menjalin persaudaraan dan persatuan. Semoga kita semua menjadi masyarakat yang guyub dan maju, mandiri dalam segala hal,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KSM LSM GMBI Cirebon Raya Kecamatan Pabedilan – Babakan, Wantoha mengapresiasi acara yang diselenggarakan oleh pemerintah desa Pabedilan Kaler. Menurutnya selain dapat mempererat tali silaturahmi, acara tersebut juga dapat menjadikan masyarakat di desa Pabedilan Kaler guyub dan saling bergotong royong.

“Selamat buat pak Kuwu Casban yang telah sukses menggelar acara untuk masyarakat Pabedilan Kaler. Semoga apa yang di cita-citakan pak kuwu dapat terwujud dan pembangunan desanya dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat di Pabedilan Kaler,” pungkasnya. (is)

LEAVE A REPLY

eighteen − 7 =