LSM BARET Pertanyakan Surat Bupati Cirebon Soal Transparansi Penerima Bansos

LSM BARET Pertanyakan Surat Bupati Cirebon Soal Transparansi Penerima Bansos

405
0
BERBAGI
Salah satu warga menunjukkan bantuan sosial yang diterimanya.

CIREBON (rq) – Lembaga Swadaya Masyarakat Barisan Rakyat Ekonomi Tertinggal (LSM BARET) Cirebon Raya, mempertanyakan terkait fungsi surat Bupati Cirebon Nomor : 501/1378/Dinsos perihal Pemasangan Daftar Nama Penerima Bansos di seluruh desa dan kelurahan di Kabupaten Cirebon.

Pasalnya sampai dengan per saat ini, hasil pemantauan LSM BARET Cirebon Raya di desa-desa, masih banyak yang belum memampang daftar penerima bansos di desanya masing-masing.

“Yang kami pertanyakan, fungsi surat Bupati Cirebon itu untuk apa. Karena sampai per saat ini, masih banyak desa-desa yang bandel dan acuh. Apakah Bupati Cirebon yang sekarang itu tidak punya wibawa, sampai-sampai suratnya saja tidak dianggap penting oleh para kuwu di Kabupaten Cirebon,” ujar Satori selaku Ketua LSM BARET Cirebon Raya di kantor Sekretariatnya, Jum’at (2/10/2020).

Menurut Satori, jika dilihat dari format Surat Bupati Cirebon tersebut, sangat jelas tertulis sifatnya penting. Tapi pada kenyataannya, masih banyak ditemukan pemerintahan desa yang tidak memampang daftar penerima bansos tersebut.

Advertorial

“Surat Bupati Cirebon itu ditandatangani dan mulai berlaku sejak 13 Juli 2020. Sudah hampir 2 bulan berjalan, tapi masih banyak yang tidak memampang daftar penerima bansos di desanya masing-masing. Kalaupun ada, itu jumlahnya masih sedikit. Ini ada apa dan kenapa dibiarkan,” tanya Satori.

Ia berharap, dengan adanya kondisi tersebut pemerintah Kabupaten Cirebon bisa lebih tegas dalam menerapkan transparansi daftar penerima bansos di desa-desa. Sehingga tujuan pengawasan dan singkronisasi data penerima bansos dapat terwujud.

“Permasalahan yang masih terjadi saat ini adalah kesimpangsiuran data penerima. Sehingga banyak yang tidak tepat sasaran dan rawan terjadi manipulasi dan penyelewengan bantuan. Saya sangat berharap pemerintah bisa lebih tegas dan serius menyikapi persoalan ini,” pungkasnya. (is)

LEAVE A REPLY

thirteen + three =