LBH DPP Perindo Ikut Kawal Sidang Gugatan Bupati Cirebon

LBH DPP Perindo Ikut Kawal Sidang Gugatan Bupati Cirebon

961
0
BERBAGI
Ketua Umum LBH Perindo, Ricky Kurnia Margono, SH. MH (tengah) bersama tim usai sidang gugatan Bupati Cirebon.

CIREBON (R) – Sidang Gugatan Bupati Cirebon, H. Sunjaya Purwadisastra sebagai tergugat, melawan Hamzah Hariri sebagai penggugat, kembali digelar di pengadilan Sumber Kabupaten Cirebon, Rabu (24/10/2018).

Bukan hanya didampingi tim kuasa hukumnya, kali ini Sunjaya juga didukung oleh tim LBH DPP Perindo, sebagai salah satu partai pendukung pencalonannya, pada Pilkada serentak 2018 lalu.

Ketua Umum LBH DPP Perindo Ricky Kurnia Margono, SH. MH, mengatakan kedatangan tim LBH Perindo adalah bentuk monitoring serta pengawalan proses sidang Gugatan Bupati Cirebon terpilih, H. Sunjaya Purwadisastra.

“Bupati Cirebon terpilih, H. Sunjaya Purwadisastra adalah calon bupati terpilih yang didukung oleh partai Perindo. Kami diperintahkan oleh DPP Perindo, untuk memonitor dan ikut mengawal proses persidangan gugatan tersebut,” jelasnya.

Ricky yang juga sebagai Koordinator Daerah Pemilihan Jabar VIII, akan terus mengikuti sidang gugatan tersebut, sampai prosesnya selesai. Karena menurutnya gugatan tersebut seharusnya tidak dilanjutkan.

“Ini adalah hari pertama kami mengikuti sidang. Kami akan melihat sejauh mana prosesnya berjalan. Kami juga baru membangun komunikasi dengan kuasa hukumnya. Insyallah akan kami pelajari terlebih dahulu inti masalahnya,” ungkapnya.

Calon Anggota Legislatif DPR RI Dapil VIII ini juga berpandangan, bahwa permasalahan gugatan Sunjaya harusnya sudah selesai. Karena sudah diproses di lembaga yang berwenang menangani urusan pemilu.

“Jika memang gugatan ini adalah buntut dari permasalahan pemilu kemarin, harusnya sudah selesai dong. Karena pak Sunjaya selaku Bupati Petahana, telah diproses di lembaga berwenang, yang menangani sengketa pemilu di seluruh daerah,” tegasnya.

Bukan hanya itu, penetapan status sebagai Bupati terpilih oleh KPU Kabupaten Cirebon, tentunya didasari oleh keputusan dan pertimbangan hukum. Semuanya sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku.

“Di lembaga hukum yang lebih tinggi dan khusus menangani persoalan pemilu, semuanya memenangkan pak Sunjaya. Jadi apalagi yang mau dipersoalkan. Kami menduga, masih ada kekecewaan dan ketidakpuasan dari pendukung calon bupati yang kalah, dalam gugatan ini,” tegasnya.

Ricky juga menjelaskan selain, memonitoring sidang gugatan Bupati Cirebon, dirinya juga diperintahkan untuk mengadvokasi masyarakat sebagai pendukung calon bupati Cirebon terpilih.

“Ada dua tugas yang dibebankan kepada saya, yang pertama adalah memonitoring jalannya sidang gugatan Sunjaya. Yang kedua adalah sebagai advokasi masyarakat pendukung bupati Cirebon, pada pilkada lalu,” paparnya.

Ia berharap dengan turunnya tim LBH Perindo, dapat sedikit membantu meluruskan persepsi masyarakat, terhadap gugatan yang dilayangkan oleh Hamzah Haririe sebagai penggugat, kepada Bupati Cirebon H. Sunjaya Purwadisastra sebagai tergugat.

“Yang jelas kami akan mengawal gugatan ini sampai tuntas. Agenda selanjutnya adalah pembuktian dari tim kuasa hukum tergugat yaitu Bupati Cirebon dan KPU Kabupaten Cirebon,” pungkasnya. (is)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

one × 3 =