Kuwu Pabedilan Kaler Urug Jalan Rusak Secara Swadaya

Kuwu Pabedilan Kaler Urug Jalan Rusak Secara Swadaya

429
0
BERBAGI
Kuwu Pabedilan Kaler, Casban (kanan) ikut membantu pengurugan jalan yang berlubang.

CIREBON (rq) – Pemerintah desa Pabedilan Kaler merespon cepat keluhan masyarakat terkait jalan rusak dan berlubang di wilayahnya. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kegiatan penambalan jalan yang dilaksanakan secara swadaya.

Kuwu Pabedilan Kaler kecamatan Pabedilan, Casban kepada Republiqu.com mengungkapkan, perbaikan jalan yang rusak dan berlubang itu berlokasi di Jalan Bayongbong, sampai Tersana Pabedilan Kidul, kurang lebih sepanjang 3.000 meter.

“Sudah hampir satu tahun, jalan yang kita perbaiki ini rusak dan berlubang. Tahun 2020 kemarin anggarannya lebih banyak terserap ke penanganan covid-19. Jadi sekarang kita upayakan diperbaiki secara swadaya. Dan alhamdulillah sekarang bisa terlaksana,” jelasnya, Sabtu (23/1/2021).

Dikatakan kuwu Casban, perbaikan jalan penghubung kecamatan Pabedilan dan kecamatan Gebang tersebut, sudah dua hari dilaksanakan sejak hari Jumat kemarin. Bahkan menurutnya, sejumlah masyarakat dan lembaga setempat pun ikut membantu pelaksanaannya dilapangan.

“Alhamdulillah, di Pabedilan Kaler ini masyarakatnya guyub. Semua ikut turun dan berpatisipasi membantu pembangunan infrastruktur. Walaupun kita ketahui jalan tersebut adalah kewenangan pemerintah Kabupaten, tapi kami berupaya memberikan pelayanan yang terbaik, termasuk kenyamanan bagi masyarakat,” paparnya.

Kuwu Casban juga mengungkapkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kecamatan terkait pekerjaan penambalan jalan yang rusak tersebut. Bahkan menurutnya Camat Pabedilan mengusulkan untuk dimasukkan ke anggaran Pembangunan Indikator Kecamatan (PIK) yang besumber dari APBD Kabupaten Cirebon tahun anggaran 2022.

Ketua KSM GMBI Babakan – Pabedilan, Wantoha (tengah) saat membantu perbaikan jalan di desa Pabedilan Kaler.

“Kami sudah berupaya menggunakan anggaran pemerintah. Tapi kalau harus menunggu sampai tahun 2022, kayanya kelamaan. Jadi kami ajak tokoh masyarakat dan lembaga setempat untuk mencari solusi. Dan alhamdulillah, perbaikan ini bisa dibiayai secara swadaya,” terangnya.

Kuwu Casban juga mengucapkan terima kasihnya kepada semua masyarakat, tak terkecuali para tokoh setempat, lembaga dan ormas di wilayah desa Pabedilan Kaler, yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Pemerintah desa hanya memfasilitasi. Semuanya berkat dukungan masyarakat desa Pabedilan Kaler. Terima kasih juga kepada LSM dan Ormas yang sudah membantu. Khususnya LSM GMBI Cirebon Raya KSM Babakan, Wantoha dan anggotanya, serta LSM Ormas lainnya. Saya ucapkan terima kasih atas partisipasinya,” tutup kuwu Casban. (is/ta)