Korupsi Alsintan, Tersangka P Oknum ASN Distan Ditahan Kejaksaan

Korupsi Alsintan, Tersangka P Oknum ASN Distan Ditahan Kejaksaan

234
0
BERBAGI
Penyidik Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon, melimpahkan tersangka P ke rutan Kesambi untuk dilakukan penahanan selama 20 hari kedepan.

CIREBON (rq) – Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon, kembali malakukan penahanan terhadap tersangka penyalahgunaan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) bantuan Kementerian Pertanian Tahun 2018, berinisial P yang merupakan salah satu ASN di Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Selasa (15/9/2020).

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon, Suwanto mengatakan, satu hari sebelumnya penyidik sudah melakukan pemanggilan untuk tersangka P. Kemudian penyidik melakukan pemeriksaan dan melakukan penahanan terhadap tersangka P untuk 20 hari kedepan.

“Yang bersangkutan kita titipkan di rutan Kesambi Kota Cirebon. Tersangka kita kenakan pasal 2 dan 3 UU Tipikor. Tersangka inisial P sendiri, menurut informasi kemarin itu positif Corona dan menjalani perawatan salah satu Rumah Sakit di Kota Cirebon. Usai keluar dari rumah sakit dan menjalani isolasi mandiri, sehingga Senin kemarin kita lakukan pemanggilan,” ungkapnya.

Advertorial

Suwanto juga melanjutkan, sebelum melakukan pemeriksaan P, sendiri menjalani Rapid test dan hasilnya non reaktif. Dengan hasil itu, akhirnya pihaknya bisa langsung melakukan pemeriksaan dan memprosesnya secara hukum.

“Untuk tahapan selanjutnya itu, proses kelengkapan berkas, bukti-bukti keterangan-keterangan yang belum lengkap, sampai harta bendanya terkait hasil kejahatan itulah yang nanti untuk pemilihan kerugian negara. Maka kami melakukan penahanan untuk 20 hari kalau dirasa cukup kita langsung pelimpahan, kalau belum cukup kami akan perpanjang masa penahanannya,” lanjutnya.

Terkait peran tersangka P sendiri dirinya menegaskan, P merupakan kepala UPTD Waled Dinas Pertanian, yang seharusnya menjadi pembimbing atau verifikasi, namun P malah menjual kepada tersangka SJ yang pihaknya terlebih dahulu dilakukan penahanan.

“Indikasi uang yang di terima P ini untuk keperluan pribadi yaitu untuk membeli tanah seluas 1.500 meter di daerah Waled,” pungkasnya. (ta)

LEAVE A REPLY

six − 4 =