Kirab Budaya Akan Sambut HUT Kab. Cirebon Ke 536

Kirab Budaya Akan Sambut HUT Kab. Cirebon Ke 536

941
0
BERBAGI

Cirebon (R) – Menjelang Hari Jadi Kabupaten Cirebon yang ke 536 tahun 2018, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) akan mengadakan perhelatan Kirab Budaya, yang terdiri dari masing-masing Kecamatan dan OPD se-kabupaten Cirebon.

Kepala Bidang Pariwisata Disbudparpora, Kasinah melalui Kasie Destinasi Obyek Wisata Erwin mengatakan, pelaksanaan Kirab Budaya akan dilaksanakan pada 31 Maret 2018, yang akan di ikuti oleh 40 kecamatan se-Kabupaten Cirebon dan 5 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

“Masing – masing kecamatan akan mengirimkan perwakilannya untuk menampilkan kesenian dan kebudayaan yang dimilikinya. Kabupaten Cirebon sangat kaya akan kesenian dan kebudayaan yang dimiliki masyarakatnya, sehingga perlu untuk dilestarikan dan di promosikan sebagai daya tarik wisata,” ujarnya, Rabu (21/3/2018).

Dikatakannya, Kirab Budaya yang dihelat tahun ini atas saran dan masukan para pelaku seni di Kabupaten Cirebon. Pada tahun sebelum, pemkab Cirebon juga rutin menggelar acara serupa, dalam rangka memeriahkan hari jadi kabupaten Cirebon.

“Di kabupaten Cirebon sendiri, kesenian dan kebudayaan menjadi salah satu aset yang terus dilestarikan. Banyak sekali kesenian seperti tari topeng, tari sintren, tari ronggeng bugis, tari sampyong, serta kesenian lain. Itu semua adalah warisan leluhur yang harus terus dipertahankan kelestariannya,” terangnya.

Dirinya berharap, kepada seluruh masyarakat kabupaten Cirebon dapat menghadiri dan memeriahkan acara kirab budaya tersebut. Acara kirab budaya akan dilaksanakan pada Sabtu pukul 07.30 WIB.

“Kami berharap masyarakat bisa ikut berpartisipasi. Acaranya hari Sabtu pagi, tanggal 31 Maret 2018. Rute Kirab Budaya akan dimulai dari Markas Kodim 0620 Kabupaten Cirebon dan finish di Gor Ranggajati Sumber,” pungkasnya. (NR)

LEAVE A REPLY

four × 1 =