Kiat Pemdes Karangwangi Putus Penyebaran Corona Ke Masyarakat

Kiat Pemdes Karangwangi Putus Penyebaran Corona Ke Masyarakat

212
0
BERBAGI
Pemerintah desa Karangwangi bersama masyarakat melakukan penyemprotan disinfektan dan sosialisasi pencegahan penularan virus Covid-19 kepada warga.

CIREBON (R) – Gaung upaya pencegahan penyebaran Virus Corona di lingkungan masyarakat kian menggema. Tidak hanya pemerintah Kabupaten Cirebon, hal tersebut juga dilakukan pemerintah Kecamatan dan desa – desa di wilayah Kabupaten Cirebon. Hal tersebut juga dilakukan pemerintah desa Karangwangi kecamatan Depok kabupaten Cirebon, Minggu (29/3/2020).

Pemerintah desa Karangwangi di bantu masyarakat dan babinsa desa setempat, melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke beberapa tempat terutama fasilitas umum, diantaranya gedung sekolah, kantor desa dan sarana ibadah, seperti masjid dan musholla yang berada di wilayah desa Karangwangi.

Kuwu desa Karangwangi Sukardi mengatakan, kegiatan penyemprotan tersebut merupakan langkah pemerintah desa dalam meminimalisir dan mensterilkan wilayahnya dari penyebaran virus Corona. Selain kegiatan penyemprotan, pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait kewaspadaan virus Corona dan sosialisasi penerapan hidup sehat.

“Ini bertujuan untuk mensterilisasi dari penyebaran Virus Corona atau Covid 19. Sehingga masyarakat desa Karangwangi dapat aman dan terhindar dari penyebaran virus itu. Adapun titik sasaran penyemprotan disinfektan ini, untuk tempat – tempat fasilitas umum dari masjid, musholla, sekolahan dan nantinya kerumah – rumah masyarakat,” terangnya.

Kuwu Sukardi juga menjelaskan, mengenai tindakan penyemprotan selanjutnya akan menunggu intruksi dari pemerintah Kabupaten Cirebon. Bilamana hal tersebut diintruksikan kembali, maka pihaknya akan melakukan kegiatan serupa di kemudian hari.

“Untuk tindakan penyemprotan, kami menunggu intruksi selanjutnya dari pimpinan. Bila di intruksikan kembali, maka kami akan melakukannya lagi dan mungkin dengan area yang lebih banyak. Ini semua demi kepentingan masyarakat banyak dan menciptakan rasa nyaman serta aman. Kami akan siap melakukannya kembali,” jelasnya.

Selain kegiatan penyemprotan di akui Sukardi, pihaknya telah melakukan beberapa langkah lain diantaranya memberikan sosialisasi tentang virus Corona kepada msyarakat, memberikan selembaran dan mendatangi masyarakat Karangwangi yang baru datang dari luar daerah, baik dari luar negeri maupun dari luar kota.

“Dari kemarin kami bersama babinsa dan babinkamtibmas serta perangkat desa, berkeliling memberikan sosialisasi kepada masyarakat, kemudian memberikan selembaran pencegahan penyebaran Virus Corona, mengajarkan masyarakat cara membuat cairan disinfektan secara mandiri dan mendatangi warga yang baru datang dari perantauan baik dari luar negeri maupun luar kota,” terangnya.

Usai kegiatan penyemprotan tersebut, Sukardi menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan jangan panik, tetap waspada dan juga tidak menyebarkan berita tentang wabah Corona yang belum jelas kebenarannya, menjaga kebersihan dan kesehatan serta mematuhi himbauan yang diberikan pemerintah.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan jangan panik, tetap dirumah dan jangan berpergian apabila tidak penting. Jaga kesehatan diri dan keluarga serta lingkungan masing – masing. Dan yang terpenting adalah patuhi himbauan yang disampaikan pemerintah,” pungkasnya. (na/ta)

LEAVE A REPLY

20 − 12 =