Kementerian Pertanian Panen Raya Di Cirebon

Kementerian Pertanian Panen Raya Di Cirebon

364
0
BERBAGI

Cirebon (R) – Awal maret ini menjadi momen yang ditunggu para petani, khususnya di wilayah desa Purbawinangun Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon. Pasalnya, tanaman padi di sebagian lahan pertanian, di wilayah tersebut, sudah menguning dan siap untuk dilakukan panen.

Belum lama ini, jajaran Kementerian Pertanian bersama dengan TNI dan dinas terkait, melakukan panen raya di salah satu lahan pertanian desa Purbawinangun Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon, Kamis (8/3/2018).

Kepala Badan Karantina Pertanian Kementeria Pertanian, Ir. Banun Harpini, M.Sc, mengapresiasi hasil pertanian, khususnya tanaman padi yang dipanen di Kabupaten Cirebon. Menurutnya, hasil panen padi pada tahun 2018 ini sangat memuaskan.

“Tahun lalu itu seluas 1.600 ha harus di lakukan pengendalian. Banyak lahan pertanian yang gagal panen. Alhamdulliah sekarang panennya memuaskan, dari satu hektar lahan, mampu menghasilkan enam sampai tujuh ton per hektar,” katanya usai melakukan panen dilokasi panen raya.

Dikatakannya, di Kabupaten Cirebon target produksi tanaman padi dari Oktober sampai Maret mencapai 53 ribu hektar, untuk luas areal tanamnya. Berdasarkan informasi terakhir, sudah 44 ribu hektar yang sudah berhasil di panen. Sementara sisanya kurang lebih 9 ribu hektar, masih menunggu sampai padinya memasuki masa panen.

“Laporan dari kepala dinas pertanian Kabupaten Cirebon, areal pertanian di seluruh kecamatan dalam kondisi aman dan sehat. Kita berharap sampai akhir Maret nanti, luas areal panennya bisa mencapai target. Mudah-mudahan bisa tercapai,” pungkasnya. (NR)

LEAVE A REPLY

four × two =