Ke Cirebon, Sandiaga Uno Belajar Geprek Melinjo

Ke Cirebon, Sandiaga Uno Belajar Geprek Melinjo

777
0
BERBAGI

CIREBON (R) – Kunjungan calon wakil Presiden RI nomor urut 2, H. Sandiaga Salahuddin Uno ke Cirebon, bukan hanya soal kampanye semata. Safarinya tersebut juga dalam rangka menumbuhkan semangat ekonomi micro di sudut – sudut desa.

Dirinya sangat antusias, setiap kali bersentuhan dengan para pelaku UMKM diberbagai kesempatannya bersafari politik. Salah satunya saat berkunjung di desa Tuk Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon, Kamis (11/10/2018).

Desa Tuk, sejak dulu memang terkenal dengan pengrajin makanan olahan yaitu emping melinjo. Hampir mayoritas masyarakatnya banyak yang menjalankan usaha makanan ringan, salah satu yang ditonjolkannya adalah emping melinjo.

Ada hal yang menarik dalam kesempatan kunjungan calon wakil Presiden itu ke desa Tuk. Di rumah ibu Sunencih salah satu pengrajin emping, tanpa canggung Sandiaga Uno mencoba proses produksi emping, langsung di dapur pengrajinnya.

Tanpa peduli kotor, ia duduk lesehan dengan memegang palu khusus untuk menggeprek butiran melinjo agar menjadi pipih dan tipis. Itu ia lakukan tanpa ada persiapan dan perencanaan sebelumnya.

Melihat hal tersebut, sontak membuat orang di sekelilingnya kaget dan terheran – heran. Namun calon wakil Presiden itu seolah tak mempedulikan. Ia tetap ingin mencoba bagaimana proses produksi emping melinjo itu dilakukan.

Kuwu (kepala desa, red) Desa Tuk, Paturohim Wijaya tidak menyangka calon wakil Presiden RI itu mau bersentuhan langsung dengan masyarakatnya. Padahal jarang sekali ada sosok tokoh politik besar yang rela melakukan itu.

“Saya juga agak kaget ketika seorang calon wakil Presiden Pak Sandiaga Uno mau panas – panasan, melihat langsung proses produksi emping melinjo. Apalagi sampai mau belajar tentang proses produksinya. Ini tentu luar biasa dan jadi kebanggan buat kami,” terangnya.

Kuwu Tuk menerangkan, memang di wilayahnya banyak para pelaku usaha khususnya Usaha Micro Kecil dan Menengah, yang membutuhkan perhatian langsung dari pemerintah pusat. Hal ini diharapkan dapat menjadi aspirasi yang bisa disampaikan oleh calon Wakil Presiden RI nomor urut 2 ini.

“Pak Sandiaga Uno sudah dikenal oleh masyarakat luas sebagai salah satu pengusaha muda yang sukses. Kami berharap dengan kunjungannya di desa kami, bisa memberikan sedikit motivasi agar masyarakat bisa terinspirasi,” pungkasnya. (is)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

3 + 18 =