Kang Dirman Ajak Sultan Djorghi Tengok Potensi Batik Tulis Ciwaringin

Kang Dirman Ajak Sultan Djorghi Tengok Potensi Batik Tulis Ciwaringin

725
0
BERBAGI
Sultan Djorghi (tengah) bersama kang Dirman (batik biru) saat berkunjung di salah satu koperasi pengrajin batik tulis Ciwaringin. Keduanya adalah caleg dari partai Berkarya.

CIREBON (R) – Daerah di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah ini memang memikat. Bukan hanya soal wisata religi yang terasa kental. Berbagai potensi daerahnya, juga menjadi daya tarik tersendiri. Menambah nilai eksotisme dan akulturasi budaya yang elok.

Daerah yang satu ini bernama Cirebon. Adat tradisi dan kebudayaannya, menjadi icon kekayaan peninggalan leluhur. Simbol keagungan dan kebesaran kerajaan di masalampau, masih tergambar jelas lewat bangunan sejarah dan juga sejumlah kediaman Raja (Keraton) di Cirebon.

Bangga akan potensi daerahnya, tidak membuat Kang Dirman, salah satu putra daerah Kabupaten Cirebon, hanya berdiam diri. Ia kemudian, memperkenalkan kekayaan daerahnya, yaitu kabupaten Cirebon, kepada masyarakat luas. Bahkan ia mengajak artis ibu kota Sultan Djorghi, untuk sama – sama mengenal potensi yang dimiliki kabupaten Cirebon.

Dalam rangka tugas kunjungannya di Cirebon, Sultan Djorghi menyempatkan diri menengok hasil karya kerajinan batik tulis Ciwaringin. Bersama kang Dirman, mereka mencoba menggali informasi tentang berbagai permasalahan dan kendala yang dirasakan para perajin batik tulis.

Bertempat di salah satu koperasi serba usaha Anugerah Batik, Sabtu (8/12/2018), Kang Dirman dan Sultan Djorghi diperlihatkan berbagai produk kerajinan batik tulis. Hampir seluruhnya adalah hasil karya masyarakat perajin di wilayah Ciwaringin. Produknya tentu beraneka jenis dan model. Dikerjakan pula dengan teliti, rapih dan detail.

“Ini adalah salah satu aset kekayaan milik Kabupaten Cirebon. Batik adalah icon yang tidak terpisahkan, dari sebagian kecil potensi di Kabupaten Cirebon. Namun itu juga perlu mendapat support, agar usahanya bisa berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Kang Dirman, Selasa (11/10/2018).

Dikatakannya, sentra batik tulis Ciwaringin adalah salah satu sentra ekonomi kreatif, yang potensinya sangat luar biasa. Selain dipasarkan di tingkat lokal, produk batik tulis Ciwaringin juga sudah merambah pasar ekspor. Apalagi saat ini, batik telah menjadi trend baru dalam berbusana dan juga sebagai warisan budaya Indonesia versi Unesco.

“Ini adalah sebuah peluang besar bagi para perajin batik tulis Ciwaringin. Apalagi dunia telah mengakui batik sebagai warisan budaya nasional. Kita tentu bangga, kabupaten Cirebon bisa menjadi salah satu daerah pengrajin batik di nusantara,” jelasnya.

Sementara itu, Sultan Djorghi juga mengaku bangga dengan perkembangan dunia batik di Cirebon. Menurutnya, perlu adanya support bukan hanya dari pemerintah saja, melainkan juga pihak swasta. Agar masalah permodalan tidak menjadi kendala dikemudian hari. Sehingga produksi para pengrajin batik, juga dapat terus berjalan normal dan meningkat.

“Kami tentu sangat berharap dukungan pemerintah bisa lebih maksimal. Apalagi potensi kerajinan batik tulis Ciwaringin ini sangat besar. Saya juga sangat tertarik dengan produk batik tulis Ciwaringin. Selain menggunakan bahan pewarna alami, hasilnya juga terlihat lebih natural. Tentunya saya berharap, kedepan kerajinan ini bisa terus berkembang dan berdampak besar bagi kemajuan daerah Kabupaten Cirebon,” terangnya.

Sultan Djorghi yang juga mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR RI dapil Jabar 8 Cirebon dan Indramayu ini, optimis kabupaten Cirebon bisa maju pesat. Dirinya juga menitipkan kepada Kang Dirman, yang juga sebagai calon anggota DPRD Kabupaten Cirebon dapil 2, agar mau membantu mempromosikan produk batik tulis Ciwaringin agar lebih dikenal masyarakat luas. (is)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

fifteen − thirteen =