Puskesmas Pagaden Subang, Kaji Banding Ke Puskesmas Pangenan

Puskesmas Pagaden Subang, Kaji Banding Ke Puskesmas Pangenan

297
0
BERBAGI
Kepala Puskesmas Pangenan, dr. Atih Andriyantie Fauzi saat memberikan sambutan dalam acara kaji banding Puskesmas Pagaden Kabupaten Subang di aula rapat Puskesmas Pangenan, Selasa (17/12/2019).

CIREBON (R) – Meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, merupakan tujuan yang harus dicapai oleh setiap penyedia pelayanan kesehatan, baik puskesmas maupun rumah sakit. Itu adalah salah satu kewajiban yang disyaratkan oleh pemerintah melalui Kementerian Kesehatan, dalam mewujudkan jaminan kesehatan yang layak bagi masyarakat.

Puskesmas Pangenan Kabupaten Cirebon, juga melakukan hal yang sama. Peningkatan mutu dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terus diupayakan untuk mewujudkan pelayanan yang Prima. Tujuannya untuk memberikan kepuasan dalam pelayanan, serta mewujudkan kemandirian kesehatan bagi masyarakat.

Hal tersebutlah yang menjadikan Puskemas Pangenan, sering dijadikan tempat kaji banding bagi Puskesmas lain. Salah satunya adalah Puskesmas Pagaden Kabupaten Subang, yang pada tahun 2020 mendatang akan melaksanakan akreditasi oleh Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kementerian Kesehatan RI.

Kepala Puskesmas Pagaden Kabupaten Subang, dr. Anggreiny Ginting dalam sambutannya mengungkapkan, pilihan tempat kaji banding ke Puskesmas Pangenan adalah atas referensi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon.

“Awalnya kami mengusulkan tempat kaji banding ke Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon. Kami meminta mereferensikan tempat kaji banding yang fasilitas pelayanannya hampir sama dengan Puskesmas Pagaden. Kemudian munculah beberapa nama, termasuk Puskesmas Pangenan. Akhirnya kami memilih Puskesmas Pangenan,” ujarnya, saat sambutan di Puskesmas Pangenan, Selasa (17/12/2019).

Ia menambahkan, keputusan memilih Puskesmas Pangenan sebagai tempat kaji banding adalah hasil evaluasi dengan tim Puskesmas Pagaden, dengan melihat letak geografis puskesmas, yang dekat jalan raya dan fasilitas kesehatannya yang lengkap.

“Di Puskesmas Pangenan ini kami melihat fasilitasnya lengkap. Ada ponednya, bahkan ada rawat inapnya. Mudah – mudah kami tidak salah pilih dalam menentukan tempat kaji banding, dalam rangka meningkatkan mutu dan pelayanan di Puskesmas Pagaden kedepan,” terangnya.

Sementara itu, Hj. Rosmayati perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, menambahkan dengan melihat pelayanan dan fasilitas yang ada, ia yakin dapat menimba ilmu dari Puskesmas Pangenan untuk perbaikan mutu dan pelayanan di Puskesmas Pagaden. Diharapkan ilmu yang didapat dari Puskesmas Pangenan Kabupaten Cirebon bisa menambah wawasan serta diaplikasikan dalam pengelolaan manajemen mutu di Puskesmas Pagaden.

“Di Puskesmas Pangenan ini wilayah pelayanannya mencakup 9 Desa. Tentu itu bukan jumlah yang sedikit. Perlu adanya manajemen yang terintegrasi, antara program yang satu dengan program yang lain. Semoga dari kaji banding ini banyak pengalaman yang bisa kami adopsi untuk pengembangan Puskesmas Pagaden yang lebih baik,” ungkapnya.

Kepala Puskesmas Pangenan, dr. Atih Andriyantie Fauzi mengucapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan Pemerintah Kabupaten Subang, khususnya kepada Puskesmas Pagaden, yang telah memilih Puskesmas Pangenan sebagai tempat kaji banding. Menurutnya, Puskesmas Pangenan juga terus belajar dari Puskesmas lain, untuk terus meningkatkan mutu pelayanan demi tercapainya tujuan pelayanan yang prima.

“Untuk mewujudkan manajemen mutu yang prima, tentu tidak mudah. Butuh kerjasama tim dan semua pihak agar program – program yang sudah dicanangkan bisa berjalan maksimal. Kami di Puskesmas Pangenan selalu mengadakan evaluasi untuk mengetahui berbagai permasalahan serta solusi yang tepat, agar program – program tersebut bisa terus berjalan,” terangnya.

Melalui kaji banding tersebut, dr. Atih berharap apa yang sudah diterapkan dan dijalankan oleh Puskesmas Pangenan, bisa menjadi koreksi untuk tim manajemen Puskesmas Pangenan, agar lebih banyak melahirkan inovasi untuk kemajuan Puskesmas Pangenan kedepan. Ia juga berharap, dengan seringnya Puskesmas Pangenan dijadikan tempat kaji banding, dapat memacu semangat dan kreatifitas pegawai Puskesmas untuk terus mengupayakan yang terbaik.

“Jangan ada kata puas. Selalu usahakan yang terbaik. Semoga dengan kepercayaan ini, selalu melahirkan inovasi bagi Puskesmas Pangenan. Tim manajemen mutu dan pelayanan harus saling bersinergi, demi tercapainya hasil yang maksimal. Terima kasih kepada Puskesmas Pagaden, semoga sharing ilmu dan pengalaman ini bisa membawa manfaat bagi kita semua,” pungkasnya. (is)

LEAVE A REPLY

five × three =