Jaksa Sahabat Guru, Jaminan Perlindungan Hukum Bagi Pendidik

Jaksa Sahabat Guru, Jaminan Perlindungan Hukum Bagi Pendidik

557
0
BERBAGI

CIREBON (R) – Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon serta PGRI Cabang Kecamatan se Kabupaten Cirebon, menggelar kegiatan sosialisasi dan penandatanganan kesepakatan bersama program “Jaksa Sahabat Guru” di gedung PGRI Sumber kabupaten Cirebon, Kamis (15/11/2018).

Dalam kesempatan tersebut kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon, Gunawan Wibisono mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari amanat Undang – Undang sistem pendidikan nasional, dimana seluruh guru – guru harus mendapatkan perlindungan hukum, perlindungan profesi, serta perlindungan karya – karya hak cipta para guru.

“Dalam konteks itu, Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, pada tanggal 23 Oktober 2018, melakukan launching dengan tagline Jaksa Sahabat Guru. Saat ini kita juga melaksanakan hal yang serupa, sebagai pelaksana di tingkat daerah,” terangnya kepada awak media.

Kajari juga menambahkan, inti kegiatan tersebut adalah untuk membangun tingkat kepercayaan diri para guru, serta mendorong seluruh aktifitas mengajar di sekolah sampai ke level bawah.

“Dengan ini guru tidak perlu lagi merasa takut, was-was dan merasa gentar, tentang apa yang mereka lakukan di sekolah. Baik menyangkut teknis di bidang mengajar maupun non teknisnya, dalam rangka mendukung program aktifitas guru disekolah,” tambahnya.

Pihaknya juga berharap, semua lapisan masyarakat dan penggiat pendidikan, dapat menyamakan persepsi, semangat dan lebih menekankan pada program pencegahan lebih dahulu, ketimbang penindakan.

Senada dengan Kajari Sumber, kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon, H. Asdullah Anwar mengatakan, dengan adanya kegiatan tersebut, minimalnya para guru merasa terlindungi sehingga merasa berani dalam melakuan kegiatan pendidikan.

“Diantara tugas pendidikan itu adalah merubah. Merubah pengetahuan, merubah sikap dan merubah keterampilan. Dari yang tidak bisa menjadi bisa. Dari yang tidak mengerti manjadi mengerti,” jelasnya.

Dirinya juga mejelaskan, ada tiga hal yang ingin ditekankan pihak pendidikan pada para ASN, terutama para guru.

“Kuasai berbagai aturan-aturan yang berlaku. Harus ikhlas dalam bekerja, serta jangan di iming-imingi untuk mencari uang. Insyaallah kalau kerja seperti itu, kita akan terhindar dari hal-hal yang diluar aturan dan beresiko hukum,” pungasnya. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

1 × three =