Isi Kekosongan, Kuwu Kaliwulu Lantik Perangkat Desa Baru

Isi Kekosongan, Kuwu Kaliwulu Lantik Perangkat Desa Baru

223
0
BERBAGI
Suasana pelantikan perangkatan desa Kaliwulu Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon.

CIREBON (rq) – Pemerintah desa Kaliwulu kecamatan Plered kabupaten Cirebon, melantik beberapa perangkat desa baru, untuk mengisi kekosongan jabatan perangkat desa Kaliwulu, Rabu (1/7/2020).

Camat Plered, Hardomo usai kegiatan mengatakan, pelantikan perangkat desa Kaliwulu yang baru, adalah untuk mengisi kekosongan jabatan perangkat yang masih kurang komposisinya. Menurutnya, penambahan perangkat tersebut masih menyisakan kekurangan satu perangkat lagi yaitu kepala dusun.

“Kalau melihat komposisi perangkat desa Kaliwulu saat ini yang berjumlah 10 orang, jelas masih kurang. Idealnya ada 13 orang sesuai siltap (penghasilan tetap, red). Hari ini sudah ada pengisian kotak jabatan kadus dan staf umum. Tapi masih kurang satu perangkat lagi. Kuwu membuat perdes SOTK perangkat desa, juga membuat perdes penataan wilayah desa. Yang tadinya 2 dusun, sekarang 4 dusun. Jadi masih kekurangan 1 lagi kekosongan kapala dusun,” terangnya.

Ia juga berpesan kepada perangkat desa yang baru, untuk segera menyesuaikan diri dengan status barunya sebagai perangkat desa yang diberi amanat oleh masyarakat. Ia juga meminta untuk segera mempelajari tugas pokok dan fungsi yang diembannya masing-masing.

“Tentu dengan kelengkapan perangkat desa dan semangat kuwu yang baru ini, harapan kami PBB di tahun 2020 ini bisa lunas. Sekaligus pengelolaan sampah berbasis desa juga bisa diwujudkan oleh pemerintah desa yang sekarang ini. Saya melihat aset desa ini masih banyak, sehingga salah satunya bisa digunakan untuk pengelolaan sampah berbasis desa,” tandasnya.

Sementara itu kuwu Kaliwulu, Suprihatiningsih mengatakan, penambahan perangkat desa tersebut merupakan salah satu yang dibutuhkan Pemerintah desa kaliwulu, dalam menjalankan roda pemerintahannya. Ia mengakui komposisi perangkat desa yang sekarang masih kurang.

“Ini jelas sangat dibutuhkan sekali oleh kami. Karena di desa Kaliwulu ini, baru ada 2 kadus. Sementara wilayah kami itu luas dan jumlah penduduknya banyak. Sehingga saya angkat satu perangkat desa untuk jadi kadus dan mungkin kedepan saya akan mengangkat 1 kadus lagi karena seharusnya ada 4 kadus,” jelasnya.

Ia juga memaparkan, terkait pengangkatan perangkat desa sendiri, pihaknya sudah menjalankan sesuai peraturan yang berlaku, dengan melaksanakan penjaringan dan penyaringan calon perangkat. Terkait kekurangan perangkat satu lagi, ia juga akan melaksanakan mekanisme yang serupa.

“Adapun mengenai sampah, saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengadakan tempat pembuangan sampah. Tentunya di tanah desa. Sementara terkait PBB, saya akan himbaukan lagi kepada masyarakat. Sehingga angka ketidaklunasan ini bisa di tekan. Syukur-syukur tahun 2020 ini bisa lunas sesuai target,” jelasnya.

Kuwu juga berharap, dengan adanya peningkatan jumlah perangkat desa, pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan dan meningkatan budaya kerja serta bisa saling bekerjasama dengan perangkat desa yang lain.

“Dengan adanya perangkat desa yang baru ini, semoga ada peningkatan dalam pelayanan kepada masyarakat. Bekerja secara maksimal, tidak ada membedakan-bedakan antara perangkat senior dan junior,” tandasnya. (ta)

LEAVE A REPLY

3 × five =