GMBI Cirebon Raya Peringati Kelahiran Pancasila Sebagai Wujud Bela Negara

GMBI Cirebon Raya Peringati Kelahiran Pancasila Sebagai Wujud Bela Negara

643
0
BERBAGI
Ketua Distrik LSM GMBI Cirebon Raya Maman Kurtubi memimpin langsung pelaksanaan peringatan Hari Kelahiran Pancasila, 1 Juni 2020.

CIREBON (rq) – Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah. Ungkapan tersebut seolah bukan hanya kiasan semata bagi LSM GMBI.

Seluruh keluarga besar LSM GMBI di seluruh Indonesia termasuk Distrik Cirebon Raya, memperingati Hari Lahir Pancasila dengan melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih, yang bertempat di Sekretariat Operasional LSM GMBI Cirebon Raya, Jl. Fatahillah desa Weru Lor Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon, Senin (1/6/2020).

Dalam pidato peringatan tersebut, Ketua Distrik LSM GMBI Cirebon Raya, Maman Kurtubi mengatakan, Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan Hari Libur Nasional, mulai tahun 2017 sampai saat ini.

“Penetapan itu tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 24 Tahun 2014 tentang Hari Lahir Pancasila. Berawal adanya peristiwa penyelidikan yang mendalam atas naskah otentik risalah sidang “Badan Oentoek Menyelidiki Oesaha-Oesaha Persiapan Kemerdekaan” yang mencatat bahwa 1 Juni 1945, Ir. Soekarno yang mencetuskan untuk pertama kalinya Pancasila sebagai dasar Negara,” ujarnya.

Isi pidato tersebut, lanjutnya, kemudian dijadikan bahan dasar oleh Panitia kecil yang diketuai oleh Ir. Soekarno yang hasilnya dikenal sebagai Piagam Jakarta 22 Juni 1945. Kemudian hasil Panitia kecil dibahas dalam sidang PPKI dan ditetapkan dalam pembukaan UUD 1945 pada tanggal 18 Agustus 1945.

“Dengan merayakan hari Kelahiran Pancasila, bangsa ini hendak mengenang peristiwa yang dihasilkan melalui dialog yang sedemikian mendalam dan demokratis dari “Founding Fathers and Mothers” bangsa kita. Para pendiri bangsa ini secara terbuka dapat menerima berbagai pikiran dan gagasan serta meramunya menjadi konsensus dasar bernegara,” sambungnya.

Dengan penetapan Pancasila, selanjutnya disusun Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia yang secara substantif dibuat demi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Dengan latar belakang sejarah seperti itu, layaknya bangsa ini merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tahun dan merasakan bahwa Pancasila ini bersatu dan menjadi motivasi untuk berbagi sekaligus memberikan semangat bagi seluruh rakyat Indonesia untuk menikmati kehidupan yang sejahtera dengan cara bekerja keras sesuai kemampuan dalam bidang profesinya,” tambahnya.

Perayaan yang sedemikian akan membuat peringatan 1 Juni menjadi momentum untuk menegaskan komitmen kemandirian bangsa dan negara. Dengan merayakan hari Kelahiran Pancasila, bangsa Indonesia berkomitmen mengamalkan Pancasila sebagai panduan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Melalui peringatan hari Kelahiran Pancasila, bangsa ini diharapkan dapat menghayati dengan mendalami makna kesatuan dan persatuan, dimana warganya atau rakyatnya dengan latar belakang yang majemuk dapat bertemu, saling memahami dan bersepakat,” ucapnya.

Merayakan hari Kelahiran Pancasila, berarti menguatkan fondasi berbangsa dan merasakan indahnya bersatu, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan masyarakatnya yang majemuk untuk mencapai cita-cita bangsa Indonesia.

“Peringatan hari Kelahiran Pancasila tahun 2020 ini juga diharapkan dapat menunjukan cara-cara khas berbagi dalam peri kehidupan sehari-hari. Peringatan hari Kelahiran Pancasila perlu ditandai dengan semangat gotong royong. Dengan semangat gotong royong perayaan ini menjadi milik bersama untuk meningkatkan persatuan bangsa yang didukung oleh semangat kebersamaan dan saling menunjang. Dengan demikian masyarakat Indonesia dapat melihat bahwa Pancasila telah menjadi inpirasi untuk berasatu,” tegasnya.

Melalui peringatan hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2020 dengan tema “Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Untuk Indonesia Maju”. Segenap keluarga besar LSM GMBI khususnya Dewan Pimpinan Distrik LSM GMBI Cirebon Raya mengingat dan menimbang terkait kondisi saat ini, bangsa Indonesia dengan adanya Pandemi yang sampai saat ini angka kurva penularannya masih tinggi, tetap berkomitmen saling membantu antar sesama melalui “GMBI Sampai Mati Berbakti Untuk Mengabdi” tetap dijalankan sampai saat ini untuk meringankan beban masyarakat khususnya di Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat.

“Melalui berbagai bentuk program bakti sosial yang dibuat DPD LSM GMBI Cirebon Raya dengan seizin dan restu dari pimpinan tertinggi, kami segenap LSM GMBI khususnya DPD LSM GMBI Cirebon Raya mengajak kepada seluruh anggota LSM GMBI di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon agar hidup sehat dan mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan Pemerintah Republik Indonesia pada masa-masa Pandemi Covid-19 sekaligus dapat menjaga marwah GMBI untuk lebih baik lagi dan berbuat secara elegan tanpa memaksa sebagai bentuk loyalitas patuh dan taat serta satu komando kepada pimpinan tertinggi GMBI,” paparnya.

Maman Kurtubi bersama segenap keluarga besar LSM GMBI khususnya DPD LSM GMBI Cirebon Raya mengucapkan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2020.
GMBI Setia Bela Pancasila
GMBI Setia Pada Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945
Mengutamakan Kerja Keras, Jujur dan Bertanggung jawab dalam melaksanakan pembaharuan dan pembangunan untuk meletakkan peran serta masyarakat di Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bela Negara. (is/ta)

LEAVE A REPLY

one × two =