Festival Desa Klayan Ajang Merekatkan Persaudaraan

Festival Desa Klayan Ajang Merekatkan Persaudaraan

200
0
SHARE
Panitia dan penyusun acara festival desa Klayan berfoto bersama seusai acara.

CIREBON (R) – Dalam upaya memperkenalkan kembali kearifan budaya masyarakat, pemerintah desa Klayan kecamatan Gunung Jati kabupaten Cirebon, menggelar festival desa Klayan bertajuk “Mlaku Bareng”. Selain parade pagelaran seni, dalam acara tersebut juga di selenggarakan berbagai macam perlombaan.

Berbagai elemen masyarakat diperkirakan akan ikut memeriahkan acara festival tersebut. Festival desa Klayan sendiri merupakan festival yang kedua kalinya diselenggarakan oleh pemerintah desa. Festival sendiri di mulai dari Sabtu pagi (21/9/2019) dan di tutup pada malam harinya.

Kuwu desa Klayan Iman Sahudi di sela – sela acara mengatakan, acara festival desa Klayan tahun ini mengangkat tema “Mlaku Bareng”, sebagai simbol upaya membangun desa Klayan secara bersama – sama.

“Intinya tema mlaku bareng ini diumpamakan membangun komitmen bersama dengan berbagai elemen masyarakat agar kedepan desa Klayan bisa lebih baik, lebih maju, serta masyarakatnya bisa lebih sejahtera. Maka dari itu tema mlaku bareng tadi sebagai bentuk penggambaran agar semua ikut serta dalam pembangunan desa,” terangnya.

Iman juga memaparkan, desa Klayan sendiri sekarang telah memiliki sanggar seni yang bernama Soban Banjar Patoman. Melalui sanggar seni tersebut, diharapkan dapat melahirkan penari – penari topeng yang mampu berprestasi, baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional.

“Alhamdulillah sanggar seni kami telah melahirkan penari – penari topeng dari usia sekolah dasar, maupun taman kanak – kanak bahkan sudah ada yang mendapatkan sertifikat dari provinsi Jawa Barat,” paparnya.

Ia berharap dengan terselenggaranya festival desa tersebut, sinergitas antara pemerintah desa dan seluruh elemen masyarakat desa Klayan dapat terus terjaga. Tidak cuma itu semoga kedepan desa Klayan menjadi lebih baik dan kesejahteraan masyarakat bisa terwujud. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

6 + 1 =