Dinas Pertanian Sidak Penjual Hewan Qurban

Dinas Pertanian Sidak Penjual Hewan Qurban

522
0
BERBAGI

CIREBON (R) – Menjelang hari raya Idul Adha 1439 Hijriyah, Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon bersama dengan bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, menggelar sidak ke sejumlah penjual hewan qurban, Rabu (15/8/2018).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, H. Ali Effendi mengatakan, sidak hewan qurban dilakukan dalam rangka menjamin kesehatan hewan qurban bagi masyarakat.

“Setiap Idul Adha, masyarakat yang niat berqurban pasti akan membeli hewan qurban. Kami pemerintah dalam hal ini harus mampu menjamin kualitas dan kesehatan hewan yang dijual oleh peternak hewan baik kambing maupun sapi,” ujarnya.

Dikatakan Ali, pada H-10 tim kesehatan hewan dari Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, telah menyebar ke para peternak hewan untuk melakukan pengecekan kesehatan hewan dan syarat anatomi hewan qurban.

“Kami pemerintah harus memastikan hewan qurban yang di beli oleh masyarakat dalam keadaan sehat dan memenuhi syarat sebagai hewan qurban. Usianya minimalnya rata – rata untuk kambing 1 tahun dan sapi 2 tahun,” jelasnya.

Ali menjamin, untuk kebutuhan hewan qurban di masyarakat masih dalam batas aman. Stok hewan qurban di Kabupaten Cirebon diperkirakan cukup untuk menghadapi hari raya Idul Adha tahun 2018 ini.

“Kami bersama dengan kelompok ternak telah melakukan koordinasi dalam pemenuhan syarat – syarat hewan qurban. Kami pemerintah selalu menekankan agar menjual ternak qurban yang sehat dan sesuai dengan syariat Islam,” terangnya.

Sementara itu, Roja’i kelompok Ternak Jaya asal desa Tegalkarang Kecamatan Palimanan, yang di sidak oleh pemerintah, mengaku telah menjalankan prosedurnya sesuai dengan arahan Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, bersama tim kesehatan bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian.

“Semua hewan qurban yang kami jual telah dilakukan pemeriksaan oleh tim kesehatan hewan, Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon. Alhamdullilah semuanya telah memenuhi syarat dan layak sebagai hewan qurban,” pungkasnya. (Ris)

Penyunting : Wanto

LEAVE A REPLY

2 × 1 =