Dinas Ketahanan Pangan Gelar Pelatihan CPM

Dinas Ketahanan Pangan Gelar Pelatihan CPM

815
0
BERBAGI

Cirebon (R) – Dalam rangka memenuhi dan menjamin ketersedian pangan di masyarakat, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon mengadakan kegiatan pelatihan dan pegelolaan Cadangan Pangan Masyarakat (CPM), sebagai rencana kegiatan pengembangan lumbung pangan desa tahun 2018.

Hadir dalam acara tersebut, perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Barat, Bulog, Badan Penelitian dan Pembangunan Daerah Kabupaten Cirebon, Dinas Pertanian, Kelompok Tani dan Penyuluh Pertanian.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, H. Muhidin, melalui Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan, Toni Supriatna mengatakan, acara tersebut dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada hari Selasa dan Rabu, tanggal 17 dan 18 April 2018.

“Selama dua hari, peserta kegiatan pelatihan diberikan pemahaman tentang pengelolaan cadangan pangan masyarakat. Baik dari segi pengelolaan maupun perencanaan. Semua materi dipaparkan dalam kegiatan tersebut,” ujarnya.

Dikatakan Toni, program peningkatan ketahanan pangan pertanian atau perkebunan tersebut, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan pengelola cadangan pangan masyarakat, serta terlaksananya kegiatan pengelolaan cadangan pangan masyarakat secara baik dan berkesinambungan.

“Cadangan Pangan Masyarakat berada di lumbung pangan masyarakat, yang dikelola oleh kelompok masyarakat atau kelompok tani, sehingga dibutuhkan petugas pengelola yang mumpuni, yang memiliki kemampuan dasar dan pengetahuan tentang cadangan pangan,” jelasnya.

Dirinya mengharapkan, melalui kegiatan pelatihan pengelolaan cadangan pangan masyarakat tersebut, para petugas pengelola mampu merencanakan dan mengelola Cadangan Pangan dengan baik dan bertanggung jawab.

“Kami tentu berharap kepada para penyuluh dan kelompok tani agar memahami isi dari kegiatan pelatihan tersebut. Intinya, cadangan pangan masyarakat harus dikelola dengan baik dan bertanggung jawab. Hasilnya tentu akan meningkatkan ketersediaan pangan bagi masyarakat,” pungkasnya. (NR)

LEAVE A REPLY

two + nineteen =