Diduga Minimarket Alfamart Depan RS Mitra Plumbon Tak Berizin, Benarkah?

Diduga Minimarket Alfamart Depan RS Mitra Plumbon Tak Berizin, Benarkah?

241
0
BERBAGI
Diduga minimarket Alfamart yang berlokasi di Cirebon Gateway depan RS Mitra Plumbon belum mengantongi Izin dari pemerintah Kabupaten Cirebon.

CIREBON (rq) – Sebuah mini market Alfamart yang berada di kawasan ruko Cirebon Gateway depan Rumah Sakit Mitra Plumbon, kecamatan Plumbon kabupaten Cirebon diduga tidak mengantongi izin dari pemerintah Kabupaten Cirebon.

Guna menindaklanjuti kabar tersebut tim media Republiqu, mencoba malakukan investigasi dengan mendatangi pemerintah desa Karangasem dan juga kantor kecamatan Plumbon, Senin (27/4/2020).

Sekretaris Desa Karangasem, Toton kepada Media Republiqu mengatakan, selama dirinya menjabat sekdes desa Karangasem, belum melihat adanya berkas perijinan terkait mini market Alfamart, yang berada di kawasan ruko Cirebon Gateway tersebut.

“Selama saya menjabat sekdes, saya belum pernah terlibat dalam kepengurusan perizinan Alfamart tersebut. Tapi barangkali sebelum saya menjabat atau saat kuwu terdahulu izin tersebut di tempuh, saya juga tidak tahu. Coba nanti saya cari berkasnya, barang kali ada, baru saya bisa menyimpulkan ada izinnya atau tidak,” terangnya.

Toton juga menambahkan, ia juga pernah mengetahui terkait adanya surat teguran dari pemerintah Kabupaten Cirebon untuk minimarket yang berada di wilayah Karangasem. Namun ia tidak mengingat secara persis, apakah teguran tersebut di tujukan ke Alfamart atau bukan.

“Seingat saya dulu pernah ada surat teguran untuk mini market, tapi saya lupa apakah itu untuk Alfamart atau bukan. Coba tanyakan ke kecamatan barangkali di sana ada berkasnya. Biasanya sih setiap kepungurusan perizinan, berkas tersebut pasti nyampe ke kecamatan,” tambahnya.

Sementara itu, Kasi Trantib kecamatan Plumbon, Yuhandoko mengatakan, ia belum lama menjabat sebagai Kasi Trantib kecamatan Plumbon. Sehingga terkait berkas – berkas perizinan, ia masih mempelajari dan beradaptasi.

“Saya masih baru di Plumbon mas, jadi saya masih mengumpulkan berkas – berkas, belum dirapihkan. Jadi saya belum bisa memastikan, ada atau tidaknya berkas tersebut. Tapi insyaallah saya akan cari, karena bagaimana pun yang namanya perizinan itu, kami juga harus memiliki salinan arsipnya,” pungkasnya.

Sementara itu terkait perizinan mini market atau toko modern tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Cirebon Nomor 7 Tahun 2014 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern serta Peraturam Bupati Cirebon Nomor 9 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Cirebon Nomor 108 Tahun 2015 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda Nomor 7 Tahun 2014. (ta)

LEAVE A REPLY

five × 3 =