50 Anggota DPRD Kab. Cirebon Terpilih Menunggu Dilantik

50 Anggota DPRD Kab. Cirebon Terpilih Menunggu Dilantik

370
0
SHARE
Plh Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Husnul Khotimah memimpin rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Cirebon Pada Pemilihan Umum Tahun 2019.

CIREBON (R) – Setelah melalui proses panjang dan melelahkan, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon menetapkan 50 orang anggota DPRD Kabupaten Cirebon terpilih sebagai pemenang pemilu 2019.

Rapat rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Cirebon pada pemilu 2019 tersebut, dilaksanakan di ballroom salah satu hotel di kawasan Kedawung Kabupaten Cirebon, Selasa 13 Agustus 2019.

Plh Ketua KPU Kabupaten Cirebon Husnul Khotimah usai acara mengatakan, puncak dari tahapan pemilu 2019 sudah terlaksana. KPU Kabupaten Cirebon melaksanakan rapat pleno terbuka penetapan perolehan Kursi partai politik dan Calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Cirebon, dilanjutkan dengan penyerahan SK penetapan Calon Anggota Legislatif terpilih kepada 50 Caleg terpilih.

“Berdasarkan amanat PKPU 5 Tahun 2019 KPU Kabupaten akan menyerahkan berkas caleg terpilih kepada Gubernur Melalui Bupati untuk dilakukan pelantikan. Terkait waktunya kami belum bisa memastikan, karena itu bukan kewenangan KPU,” ungkapnya.

Husnul menambahkan, sesuai dengan undang – undang dan peraturan KPU batas maksimal putusan MK tentang penyelisihan hasil pemilu adalah lima hari. Maka dari itu KPU punya kewajiban untuk menetapkan perolehan kursi dan menetapkan calon anggota legislatif terpilih sesuai dengan perolehan suaranya masing – masing sesuai dengan ketentuan yang disyaratkan.

“Partisipasi pemilih di Kabupaten Cirebon pada Pemilu 2019 sebesar 74%. Meskipun masih jauh dari target KPU RI sebesar 77,5% tetapi jika dibandingkan dengan Pemilu 2014 (pemilu legislatif di angka 63% dan pilpres diangka 62%) , tentu saja itu adalah kenaikan angka yang cukup signifikan,” ucapnya.

Tak lupa, Plh Ketua KPU Kabupaten Cirebon ini juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah bersinergi dalam proses pelaksanaan pemilu 2019. Kepada Pemerintah Kabupaten Cirebon, Polres Cirebon, Kodim 0620/Kab. Cirebon, Polresta Cirebon, rekan – rekan media dan semua unsur yang terkait, diucapkan terim kasih yang sebesar – besarnya.

“Alhamdulillah akhirnya proses pemilihan umum ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Semoga sinergitas ini dapat terus terjalin untuk mewujudkan pemilihan umum yang lebih baik lagi kedepan. Kepada masyarakat kami juga berharap semoga kesadaran dalam menggunakan hak politiknya dapat lebih meningkat,” pungkasnya. (is)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

2 + one =