Detik Terakhir, Bapaslon Luthfi – Qomar Jadi Penutup Pencalonan

Detik Terakhir, Bapaslon Luthfi – Qomar Jadi Penutup Pencalonan

682
0
BERBAGI

Cirebon (R) – Pada hari terakhir pendaftaran balon Bupati dan Wakil Bupati Cirebon, Rabu (10/9/2018), bapaslon Luthfi – Qomar menjadi bapaslon yang terakhir mendaftar sebagai balon Bupati dan Wakil Bupati Cirebon.

Di detik – detik penutupan pendaftaran, sekitar pukul 23.00 WIB, bapaslon Luthfi – Qomar mendatangi Kantor KPU Kabupaten Cirebon, diiringi ribuan massa NU dan Gerakan Pemuda Anshor serta para santri.

Bapaslon Luthfi – Qomar diusung oleh 2 partai yakni Partai PKB dan Partai NasDem dengan suara dukungan dewan sebanyak 12 kursi.

Ada yang menarik dalam pencalonan Luthfi – Qomar. Awalnya partai PKB yang merekomendasi Luthfi sebagai balon Bupati Cirebon akan diusung oleh 3 parpol yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 8 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 1 kursi dan Partai Bulan Bintang (PBB) 1 kursi. Dengan total suara dukungan sebanyak 10 kursi dewan.

Namun ditengah perjalanan, dua partai yang digadang siap mengusung, akhirnya putar haluan dan mendukung bapaslon lain. Partai PPP mendukung bapaslon H. Kalinga – Santy dan Partai PBB mengusung bapaslon H. Rakhmat – Yayat.

Banyak yang memprediksi bahwa PKB tidak akan ikut mengusung bakal calonnya sendiri, dikarenakan jumlah dukungan suara yang dimiliki hanya sebanyak 8 kursi dan tidak memenuhi syarat dukungan suara minimal 10 kursi.

Namun di hari terakhir menjelang penutupan, kejutan muncul dan memberi angin segar bagi balon Bupati dan Wakil Bupati dari partai PKB ini.

Partai NasDem yang awalnya mendukung bapaslon PDI Perjuangan Sunjaya – Imron, justru tarik barisan dan menjalin koalisi bersama PKB. Sehingga menambah kekuatan suara dewan sebanyak 4 kursi.

Selama kurang lebih 1 jam, berkas persyaratan bapaslon Luthfi – Qomar ini diverifikasi oleh Panitia Pendaftaran KPU. Proses pendaftaran bapaslon ini adalah yang tercepat dibanding calon lainnya.

Alasannya, semua berkas persyaratan yang diajukan bapaslon Luthfi – Qomar, dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat sebagai balon Bupati dan Wakil Bupati Periode 2018 – 2023.

Usai pendaftaran, balon Bupati Cirebon Luthfi dihadapan awak media mengatakan, dirinya tidak menyalahkan siapapun, terkait hengkangnya dua partai yang akan mengusung dirinya, sebagai balon Bupati Cirebon.

“Saya anggap itu adalah dinamika politik. Semua sudah ada yang menggariskan. Memang awalnya PKB itu sudah ada komunikasi baik dengan NasDem. Mungkin ini jawaban dan tindakan kongkritnya,” ujar Luthfi.

Ditambahkannya, pilihan untuk menggandeng H. Qomar dalam pencalonannya tersebut adalah hasil pemikiran yang sejalan dengan visi misinya mewujudkan Cirebon Baru. Dirinya sering bertukar pikiran terkait kondisi yang terjadi di Kabupaten Cirebon bersama dengan H. Qomar.

“H. Qomar semua sudah kenal. Pengalamannya di dunia politik tentu sudah banyak sekali. Pernah menjadi anggota DPR RI, Dosen juga, artis juga, pinter ngelawak lagi. Itu yang penting, saya pengen lima tahun kepemimpinan saya sebagai Bupati Cirebon selalu bahagia dan masyarakat juga bahagia,” imbuhnya.

Luthfi juga mengatakan, visi misinya sebagai balon Bupati Cirebon adalah mewujudkan Cirebon Baru. Dia menginginkan Kabupaten Cirebon kedepan, dapat menjadi wajah Jawa Barat, yang enak dilihat dan memikat.

“Cirebon ini sangat luar biasa potensinya. Tapi sayang bupati yang lama tidak bisa mengangkat itu. Jika Cirebon lama terkenal jalan seribu lubang. Nanti Cirebon baru tidak ada jalan yang berlubang. Bahkan untuk Cirebon Baru nanti, sampah yang sekarang jadi masalah justru akan menjadi berkah,” pungkas Luthfi.

Sementara itu, H. Qomar yang menjadi pasangan Luthfi sebagai balon Wakil Bupati mengungkapkan, keputusannya untuk maju mendampingi Luthfi adalah bentuk keprihatinan atas kondisi Kabupaten Cirebon saat ini.

“Cirebon adalah awal mula peradaban Islam di Jawa. Itu adalah sejarah yang sangat luar biasa. Harusnya Cirebon bisa menjadi destinasi wisata yang sangat dibanggakan di Jawa Barat,” jelas H. Qomar.

Dirinya juga mengharapkan dukungan kepada masyarakat kabupaten Cirebon, agar visi misinya mewujudkan Cirebon Baru bisa terwujud.

“Jika kami pasangan Luthfi – Qomar terpilih, kami akan membuat grand desain pembangunan yang mengedepankan kepentingan rakyat. Indeks Pembangunan Manusia kabupaten Cirebon, harus berada di depan bukan di belakang,” pungkasnya. (Isno)

LEAVE A REPLY

18 − 9 =