Desa Tuk Alokasikan 8 Persen Anggaran DD Tahun 2021 Untuk Penanganan Covid

Desa Tuk Alokasikan 8 Persen Anggaran DD Tahun 2021 Untuk Penanganan Covid

639
0
BERBAGI
Paturohim Wijaya, Kuwu Tuk Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon.

CIREBON (rq) – Pemerintah desa Tuk kecamatan Kedawung kabupaten Cirebon mengalokasikan 8 persen anggaran Dana Desa (DD) tahun 2021 untuk penanganan Covid 19 di wilayahnya.

Kuwu (kepala desa) Tuk, Paturohim Wijaya kepada Republiqu.com mengatakan, pihak desa Tuk melalui musyawarah pembangunan desa (Musrenbangdes) telah menyepakati anggaran Dana Desa tahun 2021 sebesar 8 persen untuk penanganan Covid 19, sesuai dengan anjuran pemerintah pusat.

“Sudah ada kesepakatan di Musrembangdes, 8 persen anggaran dana desa dialokasikan untuk penanganan covid 19 di tingkat desa. Itu sesuai dengan anjuran pemerintah pusat. Tim satgas tingkat desanya juga sudah dibentuk,” ujarnya, Rabu (17/2/2021) di ruang pelayanan desa Tuk.

Menurut Kuwu Tuk, anggaran sebesar 8 persen dari dana desa tersebut akan digunakan untuk keperluan pengadaan sarana dan prasarana, termasuk tempat isolasi mandiri bagi masyarakat yang terpapar covid 19 di wilayah desa Tuk.

“Nantinya dari anggaran tersebut, pemerintah desa bersama dengan tim satgas desa Tuk akan gencar melakukan sosialisasi dan pencegahan covid 19 kepada masyarakat. Khususnya tentang adaptasi kebiasaan baru, seperti memakai masker dan selalu menjaga kebersihan baik diri sendiri maupun lingkungan,” paparnya.

Kuwu Tuk juga mengungkapkan, penyediaan tempat isolasinya sendiri, pemerintah desa Tuk memanfaatkan bangunan Bumdes sebagai tempat isolasi. Hanya saja nantinya, untuk sarana dan prasarana ruang isolasi tersebut akan lebih diperbaiki dan dilengkapi.

“Tempatnya itu rencananya di Bangunan milik Bumdes. Paling nanti sarana dan prasarananya saja yang harus dilengkapi, seperti tempat tidur dan lainnya. Kami sih berharapnya tidak ada masyarakat yang terpapar covid 19. Tapi sesuai dengan aturan kami harus menyediakan,” pungkasnya. (is)

- Advertisement -