Cerita Aktifitas Sertu Sanija, Donor Darah Itu Sehat dan Bikin Kaya

Cerita Aktifitas Sertu Sanija, Donor Darah Itu Sehat dan Bikin Kaya

290
0
SHARE
Sertu Sanija (kiri) selain sebagai Babinsa, ia juga aktif sebagai Koordinator Donor Darah baik di wilayah Kota ataupun Kabupaten Cirebon.

CIREBON (R) – Menjadi seorang Prajurit TNI, dituntut untuk mengabdi pada negara, menjaga kesatuan NKRI dan juga menjamin keamanan bagi masyarakat. Namun selain itu, ada pula tugas khusus yang diembannya. Seperti yang dilakukan oleh Sertu Sanija, anggota Koramil 2007/Plumbon, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon.

Selain aktif sebagai Babinsa, Sertu Sanija juga aktif sebagai Koordinator Donor Darah di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon. Disela tugasnya menjaga kamtibmas, ia selalu menyempatkan waktu untuk terjun dan terlibat langsung dalam aksi kemanusian yang menjadi hobinya, yaitu Donor Darah.

Dalam rangkaian kegiatan Babakan bersholawat, beberapa waktu lalu, Sertu Sanija menceritakan sedikit aktifitasnya dalam rangkaian acara Babakan Bersholawat. Dirinya juga hadir dalam aksi sosial donor darah, yang bertempat di balai desa Babakan Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon, Sabtu (5/1/2018).

“Sebelum pelaksanaan donor darah, pagi harinya sekitar pukul 10.00 WIB, diadakan kegiatan pawai karnaval drumband, dengan jumlah peserta sebanyak 30 peserta, dari beberapa sekolah di wilayah setempat. Ratusan masyarakat juga terlihat antusias, menyaksikan jalannya acara itu,” ulasnya.

Dikatakannya, selepas acara pawai karnaval drumband usai. Acara kemudian dilanjutkan dengan aksi sosial donor darah, yang bertempat di balai desa Babakan Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Disitu masyarakat bisa mendonorkan darahnya hanya dengan datang ke kantor desa, tanpa harus datang langsung ke tempat unit transfusi darah.

Sertu Sanija yang juga sebagai Koordinator Donor Darah mengungkapkan, banyak sekali manfaat positif yang dirasakannya selama menjadi pendonor darah aktif. Selain menjadi lebih sehat dan bugar, ia pun jarang terserang penyakit akibat darah kotor.

“Donor darah ini di ibaratkan seperti ganti oli kendaraan bermotor. Ketika tidak pernah diganti, kemungkinan akan sangat kotor dan bisa merusak sistem kerja mesin kendaraan itu. Tetapi jika secara rutin diganti, kendaraan pun akan nyaman digunakan dan akan memperpanjang umur mesin. Alhasil jarang terjadi kendala ataupun kerusakan,” ungkapnya.

Ditambahkan Sertu Sanija, melalui donor darah, sirkulasi peredaran darah di dalam tubuh akan lebih stabil. Itu dikarenakan, sebagian darah dalam tubuh, dikeluarkan dan akan digantikan oleh darah baru yang diproduksi sendiri oleh tubuh. Yang pasti darah baru itu lebih bersih dan bebas dari segala macam kotoran yang bercampur dengan darah.

“Donor darah juga bisa membuat ginjal kita lebih sehat. Karena fungsi ginjal adalah menyaring darah kotor dalam tubuh. Darah yang sudah disaring oleh ginjal, kemudian disirkulasikan ke semua organ tubuh yang dipompa melalui jantung. Jadi donor darah itu sangat luar biasa sekali manfaatnya,” jelasnya.

Sertu Sanija berharap, kesadaran masyarakat untuk menjadi pendonor darah bisa lebih meningkat. Lewat donor darah, juga dapat membantu menyelamatkan nyawa orang lain, yang sedang membutuhkan darah. Donor darah itu juga bisa membuat sesorang kaya.

“Satu labu darah itu sangat mahal. Tapi bukan harganya. Melainkan manfaatnya. Dari satu labu darah yang kita donorkan, dapat menyelamatkan nyawa manusia. Itu yang bikin kita kaya. Kaya hati dan rasa kemanusian,” pungkasnya. (is)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

sixteen − 2 =