Bursa Inovasi Desa Ajak Pemdes di Cirebon Lebih Kreatif

Bursa Inovasi Desa Ajak Pemdes di Cirebon Lebih Kreatif

361
0
SHARE

CIREBON (R) – Pemerintah Kabupaten Cirebon melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), menggelar kegiatan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Cirebon 2018, di aula salah satu universitas di wilayah Kecamatan Sumber, Rabu (21/11/2018).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Memet Surahmat mengatakan, kegiatan tersebut merupakan langkah pemerintah, dalam rangka menggali potensi – potensi yang ada di desa. Sehingga setiap desa di harapkan memiliki potensi produk unggulan yang berbeda-beda.

“Ini merupakan implementasi 4 program unggulan Kemendes yaitu Bumdes, Embung desa untuk sarana pertanian, sarana prasarana desa dan juga pengembangan potensi – potensi serta inovasi produk – produk unggulan desa,” jelasnya dihadapan awak media.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan tahap akhir program inovasi desa Kementerian Desa setelah sebelumnya diadakannya sosialisasi.

“Ini merupakan puncaknya setelah sebelumnya diadakanya sosialisasi, kemudian pelatihan-pelatihan dan sekarang bursa inovasinya. Ini juga dialaksanakan di seluruh Kabupaten / kota di Indonesia bukan cuma di kabupten cirebon saja,” tambahnya.

Sementara itu, wakil Bupati Cirebon terpilih H. Imron Rosadi mengatakan, kegiatan tersebut dinilai sangat baik dan positif, dalam upaya pengembangan masyarakat desa. Diharapkan desa akan lebih maju lagi, baik secara ekonomi masyarakat maupun infrastrukturnya.

“Ini sangat bagus dalam rangka pengembangan desa. Segala potensi yang ada di desa dapat ikut terdorong ke permukaan. Ini juga bisa menjadi alternatif dunia usaha masyarakat, yang ada di desa. Harapannya masyarakat tidak perlu lagi urbanisasi ke kota, karena sumber pencahariannya sudah tersedia di desa,” jelasnya.

H. Imron mengharapkan, dengan program pengembangan inovasi desa yang gencar dilaksanakan pemerintah pusat dan daerah, dapat mendorong segala potensi desa, baik sektor pertanian maupun segala produk – produk unggulan yang ada di desa.

“Kami berharap dengan program ini kedepan, desa bisa lebih maju dan berkembang lagi, baik infrastrukturnya maupun ekonominya. Karena majunya desa, akan berdampak kepada majunya daerah. Masyarakat desa juga bisa hidup lebih sejahtera lagi,” pungkasnya. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

18 + 19 =