Bibit Dukung Posko Pengaduan Korupsi GMPK Kab. Cirebon

Bibit Dukung Posko Pengaduan Korupsi GMPK Kab. Cirebon

820
0
BERBAGI
Ketua Umum GMPK RI, Bibit Samad Rianto, sekaligus mantan Wakil Ketua KPK RI (kanan), bersama Ketua DPD GMPK Kab. Cirebon, Siswanto Hartoyo.

CIREBON (R) – Terkait banyaknya pejabat dan kepala daerah, yang tersandung kasus korupsi akhir – akhir ini, menimbulkan keprihatinan yang mendalam bagi masyarakat.

Alih – alih mendapatkan sosok pelayan rakyat yang jujur, berintegritas dan mampu membawa perubahan bagi kesejahteraan rakyat, justru kelakuan para oknum pejabat ini menyengsarakan dan menjerumuskan masyarakat.

Melihat persoalan tersebut, Ketua Umum Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) RI, Bibit Samad Rianto mengaku geram dan sedih.

Menurutnya perlu ada penangan lebih serius, diluar penangkapan yang terus menerus dilakukan oleh KPK. Sistem pencegahan dan pengawasan ketat dan terintegritas, diyakini mampu mempersempit ruang gerak oknum pejabat nakal untuk melakukan korupsi.

“Paling penting adalah GMPK itu mendorong masyarakat untuk mengkritisi sesuatu yang tidak benar dan menyalahi aturan. Cegah dan awasi setiap kegiatan yang diselenggarakan pemerintah, agar tidak terjadi korupsi di wilayahnya masing – masing,” terangnya.

Terkait berdirinya posko pengaduan masyarakat, terkait dugaan korupsi oleh GMPK DPD Kabupaten Cirebon, ia mengapresiasi dan mendukung penuh. Ia juga meminta untuk tidak hanya menerima aduan saja, tetapi juga menindak lanjutinya.

“Kami ingin posko ini betul – betul dapat menampung pengaduan masyarakat perihal dugaan korupsi. Tetapi juga harus di evaluasi, sebagai tindak lanjut dari pengaduannya, agar informasi yang diterima bisa dipertanggung jawabkan,” jelasnya.

Dikatakannya, peran serta masyarakat dalam pencegahan korupsi merupakan sasaran tugas tambahan, bagi GMPK setelah tugas utamanya yaitu mencegah, menagani dan menangkal tindak pidana korupsi di wilayahnya masing – masing.

Sementara itu, ketua DPD GMPK Kabupaten Cirebon, Siswanto Hartoyo menjelaskan, korupsi merupakan salah satu kejahatan yang sangat luar biasa kejam. Pencegahannya pun harus di mulai dari tingkat bawah.

“Korupsi itu harus kita lawan dan kita mulai dari yang paling bawah. Kita akan sebar posko – posko pengaduan masyarakat, untuk menampung keluhan masyarakat soal dugaan korupsi. Selanjutnya kami akan evaluasi. Setelah valid, maka akan kami tindak lanjuti,” jelasnya.

Selain pendirian posko, pihaknya juga melakukan pembinaan dan pengkaderan anggota baru GMPK Kabupaten Cirebon. Khususnya bagi para generasi muda, agar paham tentang bahaya korupsi.

“Kami akan ciptakan kader yang militan, berani, kritis dan cerdas di kabupaten Cirebon. Korupsi harus bisa dicegah. Bila masih terjadi, maka GMPK tidak akan kompromi dengan para koruptor. GMPK pantang menerima pemberian dalam bentuk apapun sampai pada level terbawah sekalipun,” tegasnya. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

three × five =