Bendungan Kuno Sedong Mengering, Begini Kata BBWS Cimanuk Cisanggarung

Bendungan Kuno Sedong Mengering, Begini Kata BBWS Cimanuk Cisanggarung

624
0
BERBAGI
Kepala BBWS Cimancis, Ismail Widadi di bendungan Sedong Cirebon.

CIREBON (rq) – Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung mengklaim pada tahun ini musim kemarau lebih baik dari pada tahun sebelumnya.

Pasalnya tidak ada wilayah yang mengalami kekeringan, namun begitu ada sejumlah tempat yang mengalami kekurangan air dan BBWS dapat segera mengantisipasinya dengan memberikan suplay air.

Hal tersebut disampaikan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, Ismail Widadi kepada media saat ditemui di Bendungan Kuno Sedong Cirebon, Minggu (17/10).

Ismail mengatakan Bendungan kuno Sedong merupakan bangunan peninggalan era kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1919 lalu. Ia mengklaim Bendungan Kuno terus masih berfungsi baik sebagai tempat penampungan air hujan yang mampu menampung air maksimal volume 1.9 juta meter kubik.

“Walaupun Bendungan Sedong sudah lebih dari 100 tahun dibangun dan masih efektif melayani pengairan untuk lahan pertanian seluas 600 hektar lebih lahan sawah diwilayah tersebut,” ungkapnya.

Kepala BBWS ini mengklaim sesuai cacatan bahwa pembangunan bendungan Sedong itu berfungsi sebagai pengendali banjir pada musim hujan.

“Alhamdulillah petugas operasi dan pemeliharaan dari BBWS bisa memelihara waduknya sampai 100 tahun lebih dan berfungsi dengan baik,” ungkapnya.

Saat disinggung kekeringan di wilayah Cirebon seperti yang terjadi di Bendungan Sedong yang saat ini mengering, Ismail mengatakan pihaknya tidak bisa mendatangkan airnya, ketika sumber-sumber air hilang.

“Dalam 100 tahun ini terjadi banyak perubahan kondisi alam disekitar Bendungan, seperti banyaknya berdiri pemukiman yang mendekati Bendungan Sedong selain itu diwilayah hulu pun banyak pohon atau hutan kini berubah,” ujarnya.

Ismail mengatakan BBWS Cimancis selain melakukan pemeliharaan pada Bendungan Sedong juga akan sedikit melakukan sedikit rekayasa dengan melakukan pengerukan sedimentasi di Bendungan Sedong.
(on)

- Advertisement -