Dishanpang Sosialisasi Penyaluran Bantuan Ayam Bagi RTM Tahun 2019

Dishanpang Sosialisasi Penyaluran Bantuan Ayam Bagi RTM Tahun 2019

310
0
SHARE
Tim pelaksana lapangan bantuan ayam Kementan RI saat mengikuti sosialisasi penyaluran bantuan ayam tahun 2019 di aula Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon.

CIREBON (R) – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, menggelar kegiatan sosialisasi bantuan ayam dari Kementerian Pertanian RI, yang ditujukan untuk Rumah Tangga Miskin (RTM) di Indonesia.

Program bantuan tersebut merupakan program lanjutan dari pemerintah pusat, melalui Kementerian Pertanian yang bernama program Bedah Kemiskinan Keluarga Sejahtera.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Cirebon, H. Muhidin memaparkan, kegiatan tersebut marupakan langkah awal Dinas Ketahanan Pangan dalam menyambut program bantuan ayam untuk rumah tangga miskin tahun 2019.

“Kegiatan ini merupakan sosialisasi tim BEKERJA bantuan ayam, untuk rumah tangga miskin di 4 kecamatan yaitu, kecamatan Arjawinangun, Ciwaringin, Susukan dan kecamatan Gegesik dengan total bantuan sebanyak 6736 RTM,” paparnya.

Diungkapkannya, tahapan penyaluran bantuan tersebut masih menggunakan pola yang sama seperti tahun 2018. Yang membedakan adalah daerah penyalurannya, serta jumlah rumah tangga miskin sebagai penerima bantuan ayam tersebut.

“Data yang ada terkait RTM, akan kami validasi setelah semuanya terverifikasi. Kami akan berikan dana sebesar 500 ribu/RTM untuk pembuatan kandangnya. Setelah kandang sudah siap, baru bantuan ayam tersebut disalurkan. Masing – masing mendapatkan 50 ekor ayam, beserta bantuan pakan ayam selama 4 bulan. Ini seperti tahun kemarin,” ungkapnya.

Muhidin juga manambahkan, pihaknya meminta kepada masyarakat dan semua pihak, untuk sama – sama mengawasi bantuan tersebut. Apabila menemukan kejanggalan dalam proses maupun distribusinya, baik tentang kandangnya maupun tentang ayamnya, pihaknya siap menerima laporan tersebut.

“Kami ucapkan terimakasih kepada awak media yang telah hadir. Saya juga meminta kepada semua pihak untuk bersama – sama mengawal dan mengawasi bantuan ini. Jika ada sesuatu yang janggal, silahkan lapor ke pihak yang berwajib. Karena disini kami hanya membantu sebagai fasilitator. Semuanya itu program kementerian dan ini tidak di pungut biaya alias gratis,” tandasnya.

Senada dengan H. Muhidin, Peneliti Utama Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian RI, Bachtiar Bakrie mengatakan, arti dari sosialisasi sendiri berarti memberikan pemahaman secara general kepada masyarakat luas, terkait pelaksanaan kegiatan, mulai dari kebijakan teknis dan komponen – komponennya.

“Tujuan program BEKERJA memberikan bantuan subsidi untuk rumah tangga miskin, yang ditetapkan Kementerian Sosial dalam bentuk antara lain 50 ekor ayam, subsidi dana 500rb untuk pembuatan kandang, serta bantuan pakan ayam untuk 4 bulan. Semoga ini bisa dipahami oleh pemangku kebijakan dan harapannya bisa memberikan dukungan,” jelasnya.

Ia berharap, program bantuan ayam tahun ini dapat berjalan dengan baik dan berhasil. Pasalnya pada tahun 2018, program tersebut dinilai sukses dan hasilnya bisa terlihat nyata, baik pertumbuhannya maupun hasilnya. (ta)

Penyunting : wanto

LEAVE A REPLY

nine − 1 =