AMPAR Resmikan Nama Baru, Sekaligus Baksos Rutin Donor Darah Bersama PMI

AMPAR Resmikan Nama Baru, Sekaligus Baksos Rutin Donor Darah Bersama PMI

339
0
BERBAGI
Maulana (Ketua DPP AMPAR Cirebon) bersama Bambang Setiawan (Kuwu Bakung Kidul) saat melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum melakukan donor darah oleh PMI Kabupaten Cirebon.

CIREBON (rq) – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Amanah Perjuangan Rakyat (AMPAR) Cirebon kembali gelar kegiatan donor darah yang ke-12 yang diadakan setiap 3 bulan sekali secara rutin di Sekretariat DPP AMPAR Cirebon Desa Bakung Kidul, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu, (2/8/2020).

Selain donor darah, kegiatan tersebut juga merupakan launching nama baru Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Amanat Perjuangan Rakyat (AMPAR) menjadi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Amanah Perjuangan Rakyat (AMPAR) Cirebon.

Tak hanya melibatakan seluruh anggota dan pengurus AMPAR, Kegiatan sosial tersebut juga telah melibatkan berbagai unsur masyarakat sekitar dan pemerintah desa setempat, dengan menerapkan standar protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Ketua DPP AMPAR Cirebon Maulana, melalui Sekjen AMPAR Abdul Hamid mengatakan, sebanyak 138 kantong darah berhasil terkumpul dari ratusan pendonor yang telah lolos pemeriksaan uji kelayakan oleh PMI. Semetara bagi pendonor yang belum layak bisa kembali mendonorkan darahnya di DPP AMPAR Cirebon pada 3 bulan berikutnya atau bisa datang langsung ke Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cirebon terdekat.

“Sebenarnya banyak yang daftar, tapi karena mungkin yang lolos uji kelayakan donor darah tidak semua, jadi cuma mendapatkan 138 kantong,” ujar Abdul kepada Republiqu.com usai acara tersebut.

Menurutnya, melalui kegiatan tersebut, pihaknya optimis bisa mendorong kesadaran masyarakat tentang bagaimana pentingnya kebutuhan stok darah di Kabupaten Cirebon. Karena selama ini, diakuinya, setiap bulan jumlah stok darah di PMI mengalami penurunan.

“Dari kurang lebih 3 juta penduduk masyarakat Kabupaten Cirebon itu ketersediaan stok darah di PMI tiap bulan sangat menipis. Nah itu ikhtiar kami untuk mendorong lembaga PMI. Bagaimana bisa menyediakan stok darah bilamana masyarakat ada yang membutuhkan darah. Dari kita minimalnya sudah membantu menyediakan stok darah supaya stok darah di Kabupaten Cirebon tidak berkurang. ini Ikhtiar kami membantu masyarakat di Kabupaten Cirebon,” paparnya.

Dikatakan Abdul, Selain donor darah pihaknya juga aktif melakukan kegiatan sosial lain diantaranya, memberikan santunan anak yatim dan piatu setiap hari ulang tahun Ampar, membagikan beras zakat pada hari raya Islam, untuk warga sekitar, memberikan masker kepada warga di tengah pandemi virus Covid-19, pendampingan pasien rumah sakit dan membantu warga untuk mendapatkan CSR dari perusahaan, serta bentuk kegiatan kontrol sosial positif lainnya.

“Tujuannya bukan semata-mata melakukan pamer atau riya, tapi sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama. Kita juga di Ampar ini sudah memiliki usaha sendiri, sehingga kelebihan dan keuntungan dari usaha kita, kita pergunakan untuk kegiatan sosial yang sifatnya berguna bagi masyarakat di Kabupaten Cirebon,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, AMPAR juga mengajak kepada seluruh agnggota dan pengurusnya untuk bergerak dalam bidang usaha koperasi bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Cirebon. Dengan tujuan untuk kesejahteraan anggotanya dan menghilangkan mindset negatif masyarakat terhadap Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

“Insyaallah ini merupakan itikad baik dari kita untuk berusaha memberdayakan anggota kita, jadi ketika ada anggota baru yang ingin masuk Ampar itu tidak minder. Karena mereka berfikir bagaimana caranya kita ini belajar berorganisasi dengan baik, tidak melulu LSM itu memberikan image negatif untuk masyarakat. Kita tahu bahwa image LSM selama ini negatif ke masyarakat, di AMPAR ini Alhamdulillah image positif itu masih terjaga sampai sekarang. Sehingga, harapan kami, setelah membangun lembaga koperasi, bisa meningkatkan kesehjateraan dan daya taraf hidup organisasi rekan-rekan yang tergabung dalam pengurus AMPAR,” pungkasnya. (on)

LEAVE A REPLY

eight − four =