1500 Nakes Di Kabupaten Cirebon Bakal Lebih Dulu Divaksin

1500 Nakes Di Kabupaten Cirebon Bakal Lebih Dulu Divaksin

440
0
BERBAGI
dr. H. Edi Susanto, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon

CIREBON (rq) – Pemerintah kabupaten Cirebon siap menerima pendistribusian vaksin Covid dari pemerintah pusat. Hal tersebut diungkapkan sekretaris dinas kesehatan kabupaten Cirebon dr. H Edi Susanto, Rabu (13/1/2021).

Diakuinya, pemerintah telah siap untuk menerima dan mendistribusikan ke puskesmas – puskemas dan rumah sakit yang ada di kabupaten Cirebon.

“Untuk vaksin sendiri sesuai dengan ketentuan kemungkinan tiba di Minggu ke 3 Januari ini dan dikawal langsung oleh TNI dan polri. Untuk vaksin sendiri kabupaten Cirebon akan menerima 8009 fail vaksin,” ungkapnya.

H. Edi juga menjelaskan, berbagai persiapan telah dilakukan dari mulai melaksanakan simulasi pendistribusian datangnya vaksin, sampai pemberian vaksin terhadap sasaran, menyiapkan sarana prasarana, tenaga kesehatan maupun penunjang lainnya.

“Kita sudah buat fasilitas satgas vaksin. Kita juga sudah mempersiapkan faskes dan sarpras yang memang sudah ada di 12 rumah sakit serta 60 puskesmas yang ada di kabupaten Cirebon. Kemudian ada sekitar kurang lebih 1500 orang tenaga kesehatan (nakes) yang akan lebih dulu menerima vaksin,” jelasnya.

Mengenai keamanan vaksin sendiri, pihaknya mengacu kepada pemerintah melalui BPOM, karena BPOM merupakan badan independen yang mampu menentukan vaksin tersebut aman atau tidak.

“Ketika vaksin tersebut sudah di launching oleh pemerintah, tentunya telah melewati beberapa tahapan penelitian dan itulah yang terbaik. Makanya di sini juga kita mempersiapkan tim untuk pasca kejadian imunisasinya,” tutup dr. Edi Susanto selaku Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon. (ta/is)

- Advertisement -